LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNY 2014 LOKASI SMP N 3 KALASAN

Resti Kurniawati, Resti Kurniawati (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNY 2014 LOKASI SMP N 3 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RESTI KURNIAWATI - LAPORAN PPL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Selama pelaksanaan PPL ini, mahasiswa memperoleh kesempatan yang sebesar-besarnya untuk memupuk pemahaman tentang proses pembelajaran, menimba pengalaman tentang bagaimana cara bekerja dan berfikir secara interdisipliner, dan tentunya memperoleh pengalaman untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah. Hal-hal yang dapat diperoleh dari kegiatan PPL seperti tersebut diatas tidak dapat dilepaskan dari tujuan PPL itu sendiri dimana tujuan kegiatan PPL disini adalah untuk memberikan bekal nyata bagi calon tenaga pendidik mengenai proses pembelajaran di sekolah sehingga dapat tercipta calon tenaga pendidik yang memiliki kompetensi guru yang mantap. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta secara langsung di sekolah selama 2,5 bulan mulai dari tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Selama kegiatan PPL, mahasiswa praktikan turun langsung untuk mengajar didalam kelas. 8x pertemuan adalah target minimal yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Sekolah yang dijadikan lokasi PPL adalah SMP N 3 Kalasan. Disekolah ini mahasiswa memperoleh kepercayaan untuk mengampu enam (6) kelas, yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VIIIA, VIII B. Metode Diskusi Informasi, Diskusi Kelompok, Ceramah Bervariasi, dan Presentasi merupakan metode yang dipilih untuk proses pembelajaran di kelas agar sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menginginkan jalannya pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Centered). Power Point, gambar, model, video, serta LKS merupakan media yang digunakan untuk menarik perhatian siswa agar lebih aktif dan partisipatif dalam mengikuti pembelajaran. Banyak kendala yang dialami selama PPL,namun hal tersebut bukanlah penghalang yang besar bagi mahasiswa untuk dapat melaksanakan kegiatan PPL ini. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa praktikan dapat memperoleh bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang berbagai hal dan kegiatan yang terkait denagn dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kerjasama, kerja keras dan disiplin merupakan kunci suksesnya pelaksanaan PPL ini. Pada akhirnya, dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta calon tenaga pendidik yang professional dan berkualitas untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 06:31
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39112

Actions (login required)

View Item View Item