Pengembangan Physics Mobile Learning Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Divergen dan Physics HOTS Peserta Didik SMA

Mardiana, Nana (2016) Pengembangan Physics Mobile Learning Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Divergen dan Physics HOTS Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nana-mardiana-14726251004.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik Physics Mobile Learning berbantuan Android untuk meningkatkan kemampuan berpikir divergen dan physics HOTS peserta didik SMA; (2) kelayakan Physics Mobile Learning berbantuan Android yang dikembangkan; serta (3) pengaruh penggunaan Physics Mobile Learning berbantuan Android untuk meningkatkan kemampuan berpikir divergen dan physics HOTS peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan mengadaptasi model Borg & Gall. Pengembangan dilakukan melalui enam tahapan yaitu; pengumpulan informasi, perencanaan produk, pengembangan produk, validasi produk, evaluasi produk, dan diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh satu ahli materi fisika, satu ahli media pembelajaran, lima guru fisika, dan lima peer reviewer. Uji coba produk dilakukan pada peserta didik kelas X IPA SMAN 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian kualitas media, tes kemampuan berpikir divergen dan physics HOTS. Teknik Analisis data menggunakan Multivariate Analisis of Variance (MANOVA) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Software Android package(apk) Physics Mobile Learning berbantuan Android pada materi elastisitas dengan karakteristik dapat dioperasikan menggunakan perangkat Android, mendukung pembelajaran fisika SMA, dapat digunakan di dalam maupun di luar pembelajaran fisika di sekolah, serta menyajikan penjelasan materi, contoh soal, dan latihan soal dalam bentuk permainan yang bervariasi, menarik, dan interaktif. 2) Media pembelajaran yang dikembangkan dinilai layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran ditinjau dari penilaian aspek materi, aspek media dan hasil uji coba peserta didik. Media memiliki kriteria kualitas sangat baik berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, peer reviewer, dan guru fisika, serta memiliki kriteria kualitas baik berdasarkan penilaian peserta didik. 3) penggunaan media pembelajaran “PML” berbantuan android dapat meningkatkan kemampuan berpikir divergen dan Physics HOTS peserta didik SMA dengan kategori nilai gain tinggi sebesar 0,701 dan 0,759

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Physics Mobile Learning, Android, Kemampuan Berpikir Divergen, Physics HOTS
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Aug 2016 06:33
Last Modified: 09 May 2019 07:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39111

Actions (login required)

View Item View Item