LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 3 KALASAN TAHUN AJARAN 2014/2015 Sidokerto, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta 2 Juli – 17 September 2014

Linda Dwi Istanti, Linda Dwi Istanti (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 3 KALASAN TAHUN AJARAN 2014/2015 Sidokerto, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta 2 Juli – 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LINDA DWI ISTANTI - LAPORAN PPL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMP N 3 Kalasan sejak 2 Juli – 17 September 2013. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Tujuan yang lain adalah memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata. Mahasiswa juga dapat belajar dari lembaga sekolah sekaligus dapat menyumbangkan pemikiran dan tenaga guna pengembangan lembaga pendidikan yang bersangkutan. Pelaksanaan kegiatan PPL bertujuan melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang dalam kaitannya sebagai pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL secara umum meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, penyusunan laporan dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi pengajaran mikro, pembekalan PPL yang dilaksanakan di kampus UNY sebelum penerjunan ke lapangan, observasi dan persiapan sebelum mengajar. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi melakukan persiapan mengajar baik materi, media maupun mental, memilih metode yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan, memberikan evaluasi kepada peserta didik, serta evaluasi terhadap proses belajar mengajar, membuat hasil analisis ulangan harian dan program remedial bagi peserta didik yang memperoleh nilai ulangan hariannya dibawah KKM. Setelah pelaksanaan peserta PPL wajib menyusun laporan yang kemudian akan dievaluasi oleh sekolah dan DPL PPL. Secara umum, program kerja PPL di sekolah tersebut dapat terlaksana dengan lancar. Kendala dalam melaksanakan suatu program merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, program yang masih memerlukan tindak lanjut dapat dilaksanakan oleh peserta PPL periode berikutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program PPL, Observasi, Persiapan, Pelaksanaan, Evaluasi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 06:22
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39106

Actions (login required)

View Item View Item