LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PERIODE JULI – SEPTEMBER LOKASI SMP NEGERI 3 GODEAN KRAPYAK, SIDOARUM, GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA

Putri Rahmawati, Putri Rahmawati (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PERIODE JULI – SEPTEMBER LOKASI SMP NEGERI 3 GODEAN KRAPYAK, SIDOARUM, GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
cover.docx

Download (132kB)
[img] Text
isi.docx

Download (50kB)

Abstract

Praktik Pengalaman lapangan (PPL) merupakan suatu tempat bagi mahasiswa untuk pembentukan calon guru. Praktik Pengalaman Lapangan juga merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini praktik pengalaman lapangan digunakan sebagai bekal mahasiswa kependidikan sebelum menjadi tenaga pendidik. Dalam kesempatan kali ini, penulis melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMP Negeri 3 Godean yang terletak di Pedusan. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik, melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah didapatkan dalam perkuliahan sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan kemampuannya. Pelaksanaan kegiatan PPL dilaksanakan secara bertahap yaitu dimulai dari observasi hingga melaksanakan PPL yang terbagi beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi hasil mengajar. Hasil dari pelaksanaan PPLkurang lebih selama dua bulan setengah di SMP Negeri 3 Godean dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan, dalam hal ini bidang studi Pendidikan SeniTari yang diperoleh dari bangku kuliah Universitas Negeri Yogyakarta dengan baik. Di SMP Negeri 3 Godean dalam kegiatan PPL ini para mahasiswa dituntut untuk bisa mengajarkan materi sesuai dengan bidang masing-masing. Diharapkan para mahasiswa membawa dampak positif bagi kemajuan dalam pembelajaran di SMP Negeri 3 Godean, membawa bekal perkembangan-perkembangan media pembelajaran serta menambah pengalaman kerja bagi mahasiswa untuk bekal di masa yang akan datang. Secara garis besar kegiatan PPL berjalan dengan lancar. Semua kegiatan PPL ini tidak akan berhasil tanpa adanya kerjasama yang baik oleh guru pembimbing dan DPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 06:06
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39100

Actions (login required)

View Item View Item