PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN SMA NEGERI 1 DEPOK Jl. Babarsari Caturtunggal Depok Sleman 1 Juli s/d 17 September 2014

DEWI SINTA PUTRI, DEWI SINTA PUTRI (2014) PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN SMA NEGERI 1 DEPOK Jl. Babarsari Caturtunggal Depok Sleman 1 Juli s/d 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER FIX.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LAPORAN PPL DSP EDT.pdf

Download (600kB) | Preview

Abstract

Kegiatan praktik pengalaman lapangan merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di Universitas dan berusaha mengembangkan inovasi pembelajaran mahasiswa di lokasi PPL. Kegiatan praktik pengalaman lapangan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini diantaranya untuk melatih para calon guru agar kelak dapat menjadi guru yang profesional di bidangnya. Kegiatan praktik pengalaman lapangan yang dilakukan di SMA N 1 Depok meliputi kegiatan praktik pembelajaran di kelas dan praktik persekolahan. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas mulai dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2014. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas bertujuan agar mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mengajar mata pelajaran Bahasa Perancis kelas X X MIA 3, XII IPA 2, XII IPA 4 dan XII IPS 3 Tahun pelajaran 2014/2015. Sementara kegiatan praktik persekolahan bertujuan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar pembelajaran formal. Kegiatan ini meliputi piket m e n j a g a r u an g p i k et d an a d m i n i s t r a s i p e r p u s t ak aa n . Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 20 kali pertemuan, maka didapatkan hasil bahwa siswa SMA N 1 Depok rata-rata mempunyai rasa ingin tahu yang besar terhadap berbagai hal yang mendukung dalam pembelajaran. Siswa juga bisa berperan aktif dalam setiap pembelajaran, seperti mampu mengutarakan pendapatnya sendiri terkait dengan pembelajaran, bisa berdiskusi dengan baik, dan lain sebagainya. Dalam rangka mewujudkan output yang baik dari segi IQ, EQ, dan SQ, pihak sekolah menjalankan peranannya sebagai lembaga pendidikan secara professional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, menjalin hubungan antar personal, s a l i n g m e n g h a r g a i , melengkapi sarana dan prasarana dan tertib administrasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39084

Actions (login required)

View Item View Item