HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP IKLIM SEKOLAH HUMANIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP SMANI BANTUL, SMAN I SEWON DAN SMAN I JETIS TAHUN AJARAN 2004/2005

Nurul K. , , Widayati (2010) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP IKLIM SEKOLAH HUMANIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP SMANI BANTUL, SMAN I SEWON DAN SMAN I JETIS TAHUN AJARAN 2004/2005. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
HUBUNGAN_ANTARA_PERSEPSI_SISWA_TERHADAP_IKLIM_SEKOLAH.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan denp,an tu_juan uUuk mcngetaltui ada tidaknya hubungan yang positif dan bermakna antara : (1) persepsi siswa tcrhadap iklim sckolah hulnanis dan kccerdasan emosional dengan pestasi belajar kimia, (2) persepsi siswa terhadap iklim sekolah humanis dengan prestasi bela_jar kimia, (3) kecerdasan emosional dengan prestasi helajar kimia. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas Xl semester genap SMAN 1 Rantul, SMAN f Sewon dan SNIAN I ,letis whim ajaran 2004/2005 yang lerdin dari 8 kelas dengan jumlah 306 siswa. Sampel dalaln penelitian ini dia<nbif 5 kelas secara purpossive cluster random sampling dengall jumlah siswa 193. Pengumpulan data dilakulcan menggunakan angket ikliln sekolah hiunanis deugan reliabilitas angket 0,971 dan angket kecerdasan emosional dengan reliabilitas angket 0,969 serta soal prestasi belajar kimia dalam bentuk objektif pilihan ganda dengan reliabilitas dan validitas soal 0,834. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi dua prediktor, dengan persepsi siswa terhadap iklim sekolah humanis (X,) dan kecerdasan emosional ( X Z ) sebagai prediktor dan prestasi belajar kimia (I7 sebagai kriterium. Berdasarkan hasil analisis diperoleh persalnaan regresi sebagai berikut : Y = 0,061 X, - 0,005 Xz + 11,806, dengan harga Rt,,2) 0,193 (p = 0,026). Harga r,(,,_2) 0,191 (p = 0,008) dan rz(Y_ 1 ) - 0,016 (p = 0,823). Harga sumbangan relatif dari prediktor Xl = 98,935 % dan predikrtor Xz = 1,065 %. Harga sumbangan efektif dari prediktor X, = 3,681 % dan prediktor X, = 0,04 %. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan bennakna antara iklim sekolah humanis dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar kimia. Ada hubungan yang positif dan bermakna antara iklim sekolah humanis dengan prestasi belajar kimia. Semakin humanis iklim suatu sekolah, semakin naik prestasi belajar kimianya. Tidak ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan elnosional dengan prestasi belajar kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:51
Last Modified: 29 Jan 2019 15:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3908

Actions (login required)

View Item View Item