LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA

Anugrah Setiawan, Anugrah Setiawan (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL ANUGRAH.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara yang merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2014. Tuuan dari program PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan professionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan, memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Selama PPL kegiatan yang dilakukan yaitu mengajar jurusan Administrasi Perkantoran kelas X (sepuluh) AP 1, kurang lebih selama dua setengah bulan mulai tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Sebelum proses pembelajaran di laksanakan di kelas, praktikan menyusun Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) yang digunakan untuk mendukung kelancaran kegiatan pembelajaran Administrasi Perkantoran. Materi yang diajarkan pada tahun 2014 ini yaitu mengacu pada Kurikulum 2013, namun dikarenakan masih terkendala dengan belum tersedianya modul untuk kurikulum 2013, maka pembelajaran masih memakai modul lama yaitu KTSP spectrum 2008. Dalam masa PPL ini materi yang diberikan antara lain materi Komunikasi, Teknik Berkomunikasi yang Baik, Pengertian Informasi dll. Sedangkan Program KKN individu di sekolahan yaitu menjadi Penanggung jawab dalam salah satu kegiatan Pondok Ramadhan. Dari pelaksanaan kegiatan PPL, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi dibidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata disekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 03:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39077

Actions (login required)

View Item View Item