PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP WORD OF MOUTH YANG DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Carrefour Ambarukmo Plaza Yogyakarta)

Muttaqin, Muhammad (2016) PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP WORD OF MOUTH YANG DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Carrefour Ambarukmo Plaza Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
MuhammadRisqonMuttaqin_11408141035.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh tanggung jawab sosial terhadap word of mouth Carrefour Ambarukmo Plaza Yogyakarta, (2) pengaruh tanggung jawab sosial terhadap kepercayaan pelanggan Carrefour Ambarukmo Plaza Yogyakarta, (3) pengaruh kepercayaan pelanggan terhadap word of mouth Carrefour Ambarukmo Plaza Yogyakarta, dan (4) pengaruh tanggung jawab sosial terhadap word of mouth yang dimediasi oleh kepercayaan pelanggan Carrefour Ambarukmo Plaza Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan Carrefour Ambarukmo Plaza Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 135 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tanggung jawab sosial berpengaruh positif terhadap word of mouth. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 7,938 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,348; (2) Tanggung jawab sosial berpengaruh positif terhadap kepercayaan pelanggan. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 3,899 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,225; (3) kepercayaan pelanggan berpengaruh positif terhadap word of mouth. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 5,398 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,370; dan (4) tanggung jawab sosial berpengaruh positif terhadap word of mouth dengan kepercayaan pelanggan sebagai variabel mediasi. Hal ini dibuktikan dengan pengaruh tidak langsung sebesar 0,0530 dengan nilai signifikansi sebesar 0,0078 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan nilai koefisien mediasi mempunyai nilai positif sebesar 0,1016.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Sosial, Word of Mouth, Kepercayaan Pelanggan
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:31
Last Modified: 30 Jan 2019 10:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39075

Actions (login required)

View Item View Item