LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 1 JULI 2014 – 20 SEPTEMBER 2014 DI SMA NEGERI 1 DEPOK, SLEMAN YOGYAKARTA

Alwan Saifudin, Alwan Saifudin (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 1 JULI 2014 – 20 SEPTEMBER 2014 DI SMA NEGERI 1 DEPOK, SLEMAN YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER + Pengesahan.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I new.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB II new.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa UNY yang mengambil jalur kependidikan. Tujuan dari PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran, mengembangkan kompetensi keguruan/ kependidikan dan mengetahui secara langsung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, mengenalkan mahasiswa kepada lembaga kependidikan yang sebenarnya sehingga dapat mengetahui segenap permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran, selain itu diharapkan mahasiswa dapat memeperoleh bekal pengalaman dalam rangka meningkatkan profesionalitas kerja di dunia pendidikan. Program PPL di SMA Negeri 1 Depok, dilaksanakan pada tanggal 1 Juli sampai 20 September 2014, meliputi kegiatan BK dan praktik persekolahan. Kegiatan persekolahan antara lain membantu proses PPDB, membantu administrasi supervisi ,administrasi BK dan lain-lain. Praktikan juga melaksanakan beberapa komponen program BK yakni memberikan layanan dasar, layanan responsif, dan dukungan sistem. Layanan dasar yang dilaksanakan praktikan adalah memberikan layanan orientasi, informasi, layanan pengumpulan data, layanan penempatan dan penyaluran, bimbingan kelompok, dan bimbingan klasikal di kelas X MIA 1, X IIS 2, XI MIA 2, XI IIS 3, dan XII IPS 3. Layanan responsif yang dilaksanakan praktikan adalah home visit, kolaborasi dengan orangtua dan pihak lembaga lain, konseling individu dan kelompok. Praktikan juga diberikan kesempatan untuk melihat proses konferensi kasus. Dari serangkaian kegiatan PPL di SMA N 1 Depok pada bulan Juli September dapat di ambil makna bahwa praktik pengalaman lapangan merupakan wahana yang tepat bagi mahasiswa calon guru untuk dapat mempraktikkan ilmu yang didapat dari kampus. Kegiatan praktik pengalaman lapangan dapat digunakan sebagai sarana untuk memperoleh pengalaman yang faktual sebagai bekal untuk menjadi tenaga kependidikan yang kompeten dalam bidang masing-masing. Praktik pengalaman lapangan merupakan pengembangan dari empat kompetensi bagi praktikkan, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Praktik persekolahan merupakan pengalaman menambah bekal bagi calon guru diluar tugas mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 03:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39073

Actions (login required)

View Item View Item