Manajemen Sekolah Berasrama di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta

Khoiri, Imam (2011) Manajemen Sekolah Berasrama di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-imam-khoiri-09703251009.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui: (1) sejauh mana pengelolaan manajemen sekolah berasrama di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta; dan (2) kendala-kendala yang dihadapi sekolah dalam pelaksanaan manajemen sekolah berasrama. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana instrumen utama penelitian adalah peneliti sendiri. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data didapat dengan melakukan triangulasi sumber dan memperlama waktu penelitian. Analisis data dilakukan sejak pengumpulan data dengan menggunakan model interaktif yang terdiri dan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Manajemen Sekolah Berasrama di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari: (1) Perencanaan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari faktor: rumusan tujuan, rencana pencapaian tujuan, prosedur pelaksanaan pengembangan, pemenuhan kebutuhan sarana-prasarana, biaya dan peningkatan kompetensi guru, pamong, musrif dan karyawan; (2) Pengorganisasian telah memenuhi persyaratan pengorganisasian yang baik, ditandai: ada pembagian tugas yang jelas yang tertuang dalam job description pada seluruh karyawan baik tenaga pendidik maupun kependidikan; (3) Pengarahan telah berjalan dengan baik dilihat dari: kelancaran komunikasi antara kepala madrasah di dalam pengelolaan proses pembelajaran baik di sekolah maupun di asrama, dengan adanya pertemuan-pertemuan rutin untuk mengevaluasi kegiatan; (4) Pengawasan sudah dilakukan dengan baik, ditandai adanya upaya kepala madrasah dibantu wakil kepala madrasah untuk mengevaluasi kinerja dan guru, musrif, pamong dan karyawan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing; (5) berkaitan dengan ketercapaian sasaran, sekolah telah berhasil meningkatkan prestasi siswa, baik bidang akademik maupun non akademik; (6) masih ada kendala yang dialami dibidang sarana prasarana antara lain ruang makan, ruang belajar di asrama yang belum tersedia.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen, sekolah berasrama
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 08:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39068

Actions (login required)

View Item View Item