Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMA Kelas X Semester Genap Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berorientasi pada Higher Order Thinking Skills Siswa

Apino, Ezi (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMA Kelas X Semester Genap Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berorientasi pada Higher Order Thinking Skills Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ezi-apino-14709251067.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran matematika menggunakan model creative problem solving berorientasi pada higher order thinking skills siswa, dan (2) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika kelas X semester genap menggunakan model creative problem solving berorientasi pada higher order thinking skills siswa yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp dengan tahapan meliputi: (1) penelitian pendahuluan mencakup analisis kebutuhan dan situasi; (2) tahap pengembangan mencakup desain dan pembuatan produk; dan (3) fase penilaian mencakup validasi ahli dan uji coba produk. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan instrumen tes HOTS. Subjek uji coba adalah guru dan siswa kelas X MIPA 1 MAN Yogyakarta 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika menggunakan model creative problem solving berorientasi pada higher order thinking skills siswa memiliki karakteristik: (1) kegiatan pembelajaran terdiri dari penemuan tujuan, penemuan fakta, penemuan masalah, penemuan ide, penemuan solusi, dan penemuan penerimaan; (2) menggunakan masalah kreatif yaitu masalah yang memiliki banyak cara penyelesaian dan atau banyak solusi yang benar; dan (3) menggunakan instrumen evaluasi berupa tes HOTS. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid ditunjukkan dengan hasil penilaian RPP berada pada kategori “sangat baik”, hasil penilaian LKS berada pada kategori “sangat baik”, dan indeks Aiken (V) instrumen tes HOTS yaitu berada pada kategori “tinggi”. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis ditunjukkan dengan hasil penilaian kepraktisan oleh guru berada pada kategori “sangat baik”, hasil penilaian kepraktisan oleh siswa yaitu berada pada kategori “sangat baik”, dan rerata persentase keterlaksanaan pembelajaran kegiatan guru dan siswa di atas 90%. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif ditinjau dari HOTS siswa dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 74,07%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran matematika, creative problem solving, higher order thinking skills
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Aug 2016 03:30
Last Modified: 09 May 2019 07:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39067

Actions (login required)

View Item View Item