Implementasi Program Pengembangan Sekolah Efektif Pada MTs Ma’arif NU 1 Kembaran Kabupaten Banyumas

Asaddudin, Ibnu (2011) Implementasi Program Pengembangan Sekolah Efektif Pada MTs Ma’arif NU 1 Kembaran Kabupaten Banyumas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ibnu-asaddudin-05703259027.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang upaya warga sekolah untuk memahami program sekolah efektif dan proses penerapannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian adalah Kepala MTs Ma’arif NU 1 Kembaran dan Wakil Kepala Madrasah Urusan Kurikulum sebagai key informan, Kepala Bagian Administrasi, Guru BP, beberapa guru, staf administrasi dan beberapa siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, pengamatan, dan kaji dokumen. Analisis data dilakukan dengan Model Interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman program sekolah yang efektif dilakukan oleh guru melalui diklat dan kegiatan Kelompok Kerja Guru, dilakukan oleh siswa melalui kegiatan OSIS, dilakukan oleh orang tua siswa melalui pertemuan dengan Komite Sekolah. Penerapannya berupa identifikasi masalah krusial, membuat keputusan aspek yang akan ditingkatkan, menyusun rencana, melaksanakan program, menunjuk tim monitoring dan evaluasi serta mengkomunikasikan hasil peningkatan sekolah kepada masyarakat. Respon masyarakat terhadap informasi tersebut adalah masyarakat siap memberi dukungan terhadap program dimaksud dengan dilibatkan dalam penyusunan program, meningkatnya motivasi untuk melakukan berbagai kreativitas, dan meningkatnya rasa memiliki program sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: program pengembangan, sekolah efektif
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 08 Aug 2016 03:10
Last Modified: 08 Aug 2016 03:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39058

Actions (login required)

View Item View Item