Pengembangan Learning Management System pada Pembelajaran Biologi Sistem Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Aplikasi Konsep Peserta Didik Kelas XI

Hidayat, Muhammad Luthfi (2016) Pengembangan Learning Management System pada Pembelajaran Biologi Sistem Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Aplikasi Konsep Peserta Didik Kelas XI. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-lutfi-hidayat-14725251006.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Learning Management System (LMS) biologi kesehatan reproduksi berbasis platform Quipper School untuk peserta didik kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Klaten, (2) mengembangkan perangkat lunak LMS biologi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep peserta didik pada pembelajaran biologi materi kesehatan reproduksi manusia di SMA Muhammadiyah 1 Klaten, dan (3) mengungkapkan efektivitas LMS Biologi Kesehatan Reproduksi untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep peserta didik pada pembelajaran biologi sistem reproduksi manusia di SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Design and Development Research (DDR) Richey & Klein yang terdiri atas enam tahapan yang disederhanakan menjadi lima tahap (Peffers et.al, 2008), meliputi: (a) identifying the problem, (b) describing the objectives, (c) designing and developing product, (d) testing and evaluating product, (e) communicating the testing results. Subjek uji coba terdiri atas 60 peserta didik dengan perincian lima orang peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 1 Klaten untuk uji coba satu-satu, 15 orang peserta didik kelas XII IPA2 untuk uji coba terbatas dan empiris, 20 orang peserta didik kelas XI IPA1 untuk kelas eksperimen (perlakuan), dan 20 orang peserta didik kelas XI IPA2 untuk kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar angket penilaian ahli media dan ahli materi, lembar angket tanggapan peserta didik, lembar observasi motivasi belajar, lembar keterlaksanaan RPP, lembar angket motivasi belajar, dan lembar soal pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan ANCOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LMS Biologi Kespro ditinjau dari aspek isi, tampilan dan bahasa, aspek interaksi,dan aspek rekayasa perangkat lunak menurut ahli materi, ahli media, peer reviewer, dan guru menunjukkan kategori “sangat baik”. Terdapat perbedaan siginifikan dalam hal motivasi belajar dan penguasaan konsep antara kelas perlakuan dan kelas kontrol setelah menggunakan LMS Biologi Kespro. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LMS Biologi Kespro dapat meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep peserta didik kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Klaten

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: learning management system, kesehatan reproduksi, motivasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Aug 2016 03:00
Last Modified: 09 May 2019 07:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39052

Actions (login required)

View Item View Item