PENGEMBANGAN BUKU AJAR MEMAHAMI TEKS-TEKS PEMBELAJARAN KELAS X SMA/MA BERDASARKAN STRATEGI K-W-L-A (KNOW-WANT TO LEARN-LEARNED-AFFECT)

Kholifah, Nur (2016) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MEMAHAMI TEKS-TEKS PEMBELAJARAN KELAS X SMA/MA BERDASARKAN STRATEGI K-W-L-A (KNOW-WANT TO LEARN-LEARNED-AFFECT). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (75MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya untuk mempermudah siswa dalam memahami teks pembelajaran adalah dengan melakukan inovasi terhadap buku ajar sebagai buku pengayaan siswa. Buku ajar yang menampilkan kompetensi tertentu dengan menggunakan strategi tertentu sangat jarang ditemukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar memahami isi teks-teks pembelajaran kelas X SMA/MA dengan menggunakan strategi K-W-L-A. Teks- teks tersebut yaitu teks laporan hasil observasi, teks prosedur kompleks, teks eksposisi, teks anekdot, dan teks negosiasi. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada 10 tahapan yang diperkenalkan oleh Borg dan Gall. Tahapan tersebut kemudian disesuaikan menjadi (1) observasi dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan, (4) penilaian produk I oleh dosen ahli, (5) perbaikan dan penyempurnaan produk I, (6) penilaian produk II oleh guru, (7) penyempurnaan produk II, dan (8) penyebarluasan terbatas pada siswa. Data diperoleh melalui wawancara kepada guru, penyebaran angket terkait manfaat buku teks pelajaran Kurikulum 2013 bagi guru dan siswa, validasi produk oleh dosen ahli dan guru, serta uji coba terbatas siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan mengubah data kualitatif menjadi data kuantitatif, tabulasi semua data yang diperoleh pada setiap aspek, menghitung skor rata-rata, dan mengubah skor rata-rata menjadi kategori. Hasil penelitian ini berupa buku ajar Cara Mudah Memahami Isi Berbagai Teks dengan Strategi K-W-L-A untuk Kelas X SMA/MA yang terdiri atas tiga bagian. (1) Bagian pendahuluan, berisi sampul, kata pengantar, daftar isi, KI-KD yang digunakan, pengenalan strategi K-W-L-A. (2) Bagian isi, terdiri dari lima unit pelajaran yang di dalamnya terdapat pengenalan mengenai teks dan kegiatan memahami isi teks dengan menggunakan strategi K-W-L-A secara kelompok dan secara mandiri, serta evaluasi di akhir bab. (3) Bagian tambahan, berupa glosarium, kunci jawaban, dan daftar pustaka. Buku ajar dinilai kelayakannya berdasarkan aspek isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan. Hasil validasi dosen ahli, guru, dan respon siswa menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak digunakan. Rata-rata yang diperoleh pada aspek isi adalah 3,33; aspek penyajian memperoleh skor rata-rata 3,58; aspek bahasa memperoleh skor rata-rata 3,67; dan aspek kegrafikan memperoleh skor rata-rata 3,56.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:15
Last Modified: 30 Jan 2019 10:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39050

Actions (login required)

View Item View Item