LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 1 MINGGIR 2014

Rahmat Hidayat, Rahmat Hidayat (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 1 MINGGIR 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU Rahmat hidayat.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Pengajaran mikro mampu memberikan sumbangan persiapan guna praktik mengajar mahasiswa. Dalam kelompok kecil mahasiswa mempraktekkan bagaimana cara mengajar yang baik dan benar dan didampingi dosen yang ahli dalam bidangnya. Pendampingan kelompok kecil memberikan keefisienan mahasiswa dalam praktek mengajar di kampus. Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang dapat menjadi sumber pengalaman nyata bagi mahasiswa. Guru pengampu bidang studi dari sekolah tempaat mahasiswa praktik yang sesuai dengan jurusan mahasiswa selanjutnya menjadi pembimbing . Bimbingan dilakukan secara intensif yang menerapkan petunjuk praktik terbimbing dan mandiri. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional dengan memberikan pengalaman kepada calon pendidik mengenai pengintegrasian dan pengimplementasian ilmu yang telah dikuasai dalam pratik keguruan yang sesungguhnya di lapangan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan selama 2,5 bulan diharapkan mampu mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa sekaligus menjadi motivasi untuk terus mengaktualisasi diri dan mengabdi di dunia pendidikan agar mampu mewujudkan dunia pendidikan yang berkualitas di masa depan. Kegiatan PPL adalah rangkaian kegiatan yang dimulai dari persiapan-persiapan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasinya. Adapun persiapan-persiapan yang dilakukan sebelum melaksanakan praktik mengajar antara lain yaitu observasi kelas, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) agar proses pembelajaran yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik, lancar dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, penyiapan materi yang disesuaikan dengan Silabus dan RPP, persiapan metode dan media pembelajaran, persiapan alat evaluasi meliputi pembuatan soal untuk penugasan sesuai dengan standar kompetensi yang akan disampaikan, konsultasi dengan guru pembimbing mengenai RPP, materi, media dan metode, serta soal evaluasi yang akan digunakan agar sesuai dengan kompetensi dan sub kompetensi yang ada.. Pada masa praktik mengajar ini, mata pelajaran yang diampu adalah Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 02:44
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39048

Actions (login required)

View Item View Item