Kesiapan Mahasiswa Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Semarang Menjadi (Calon) Guru Matematika yang Profesional

Abdullah, Saifan Sidiq (2016) Kesiapan Mahasiswa Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Semarang Menjadi (Calon) Guru Matematika yang Profesional. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-saifan-sidiq-abdullah-14709251036.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan mahasiswa LPTK di Semarang menjadi (calon) guru matematika yang profesional ditinjau dari: (1) pengetahuan profesional yang terdiri dari pengetahuan materi matematika dan pedagogik, (2) keterampilan profesional yang terdiri dari keterampilan menyiapkan dan melaksanakan pembelajaran, dan (3) sikap profesional yang terdiri dari keyakinan, persepsi dan minat untuk menjadi (calon) guru matematika yang profesional. Penelitian ini adalah penelitian mixed method menggunakan model Sequential Explanatory Strategy. Penelitian ini diawali dengan penelitian kuantitatif, kemudian dilanjutkan dengan penelitian kualitatif berdasarkan hasil analisis penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan metode survei, sedangkan penelitian kualitatif dilakukan dengan metode studi kasus melalui telaah dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS), observasi, dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 8 LPTK di Semarang yang mengambil program studi pendidikan matematika. Sampel penelitian untuk memperoleh data kuantitatif adalah 73 orang mahasiswa semester 8 LPTK di Semarang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, kemudian dilanjutkan dengan stratified random sampling berdasarkan jumlah kelas pada setiap LPTK. Sedangkan sampel penelitian untuk memperoleh data kualitatif adalah enam orang mahasiswa untuk teknik observasi dan delapan orang mahasiswa untuk teknik wawancara yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen utama yang digunakan untuk penelitian adalah tes dan angket dan didukung oleh data-data yang diperoleh dari lembar telaah dokumen, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data deskriptif kuantitatif menggunakan kecenderungan kesiapan dalam lima kriteria, yaitu Sangat Siap, Siap, Cukup, Kurang, dan Sangat Kurang. Sedangkan analisis data kualitatif terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan mahasiswa LPTK di Semarang ditinjau dari: (1) pengetahuan profesional yang terdiri dari pengetahuan materi matematika dan pedagogik masuk dalam kategori kurang, (2) keterampilan profesional yang terdiri dari keterampilan menyiapkan dan melaksanakan pembelajaran masuk dalam kategori siap, dan (3) sikap profesional yang terdiri dari keyakinan, persepsi dan minat masuk dalam kategori siap untuk menjadi (calon) guru matematika yang profesional

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesiapan mahasiswa, pengetahuan profesional, keterampilan profesional, sikap profesional
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 08 Aug 2016 02:46
Last Modified: 08 Aug 2016 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39047

Actions (login required)

View Item View Item