Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Kerjasama, dan Apresiasi Belajar Matematika Siswa

Munir, Muhammad (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Kerjasama, dan Apresiasi Belajar Matematika Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhamad-munir-14709251017.swf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas perangkat pembelajaran geometri SMP dengan pembelajaran berbasis masalah berorientasi pada prestasi belajar, kemampuan kerjasama, dan apresiasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg & Gall yang mencangkup tiga tahapan utama yaitu: (1) tahap studi pendahuluan, meliputi: studi pustaka, survey lapangan, dan perencanaan; (2) tahap desain produk, meliputi: silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB); dan (3) tahap studi pelaksanaan, meliputi; uji coba ahli dan praktisi, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, dan produk akhir. Proses pengembangan melibatkan 5 (lima) validator terdiri dari 2 (dua) orang validator ahli dan 3 (tiga) orang validaot praktisi, serta 39 siswa kelas VII. Validator melakukan penelitian validasi isi dari Silabus, RPP, LKS, dan THB. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran geometri SMP dengan pembelajaran berbasis masalah berorientasi pada prestasi belajar, kemampuan kerjasama, dan apresiasi belajar matematika siswa. Kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. (1) Hasil penilaian aspek kevalidan silabus, RPP, LKS, dan THB dengan rata-rata skor berturut-turut adalah 128,8 (Sangat Baik), 176,8 (Sangat Baik), 143 (Baik), dan 34 (Sangat Baik). (2) Aspek kepraktisan berdasarkan hasil penilaian guru pada RPP dan LKS adalah 54,33 (Baik) dan 101,33 (Sangat Baik), sedangkan penilaian siswa dan penilaian keterlaksanaan pembelajaran adalah 90,05 (Baik) dan 92,06 (Sangat Baik). (3) Aspek keefektifan berdasarkan THB, observasi kemampuan kerjasama, dan angket apresiasi belajar matematika siswa dengan rata-rata skor berturut-turut adalah 82% (siswa tuntas/lulus), 45,40 (Baik), dan 86,56 (Baik). Berdasarkan data tersebut, perangkat pembelajaran sudah memenuhi kualitas kevalidan keefektifan, dan kepraktisan. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran geometri SMP dengan pembelajaran berbasis masalah berorientasi pada prestasi belajar, kemampuan kerjasama, dan apresiasi belajar matematika siswa dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Kemampuan Kerjasama, Apresiasi Belajar Matematika Siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Aug 2016 02:27
Last Modified: 09 May 2019 07:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39038

Actions (login required)

View Item View Item