Yudi Hanafi, Yudi Hanafi (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMP N 4 Kalasan PERIODE 1 JULI – 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Cover.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (866kB) | Preview |
Abstract
PPL adalah mata kuliah praktek yang dilaksanakan dalam rangka sebagai langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. PPL mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya dilapangan. Sebaliknya mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian mahasiswa dapat memberi dan menerima berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik professional. PPL dijadikan sebagai pengalaman yang nyata bagi mahasiswa dalam upaya mempersiapkan seluruh potensi diri (SDM) sebelum terjun langsung menjadi bagian masyarakat luas termasuk di dalamnya lembaga edukatif seperti sekolah dan institusi pendidikan lainnya. Kegiatan PPL yang dilakukan SMP Negeri 4 Kalasan terletak di Tamanmartani,kalasan , Sleman, Yogyakarta. PPL merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh Mahasiswa UNY. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktek mengajar, dan analisis hasil. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung dan melakukan pengamatan secara langsung. Dalam hal ini sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMP Negeri 4 Kalasan. Observasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2014. Praktik mengajar dilaksanakan tanggal 01 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Pada kesempatan ini praktikan mengajar dilakukan di kelas VII A – D dan di kelas IX A - D yang masing-masing 4 kali petemuan. Setelah melaksanakan praktik mengajar, maka didapatkan hasil bahwa siswa SMP Negeri 4 Kalasan rata-rata mempunyai kesungguhan belajar yang tinggi. Mereka cukup aktif dan memiliki motivasi untuk terus belajar. Dalam mewujudkan output yang baik, pihak sekolah menjalankan lembaganya secara profesional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, menjalin hubungan antar personal, melengkapi sarana dan prasarana serta tertib administrasi.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 02:16 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39034 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |