LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 4 KALASAN

SUSI DWI RACHMAWATI, SUSI DWI RACHMAWATI (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 4 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
judul.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh semua mahasiswa program S1 di Universitas Negeri Yogyakarta yang pelaksanaannya dilakukan di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki realita dunia kependidikan dan sebagai saran untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi KKN-PPL UNY 2014 adalah SMP N 4 Kalasan yang beralamat di Jongkangan, Tamanmartani,Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa praktikan memperoeh praktek mengajar mata pelajaran IPS kelas VII semester gasal, serta untuk mendukung kegiatan penyampaian materi pada peserta didik maka digunakan buku pegangan dan referensi dari internet, serta lembar kerja untuk peserta didik untuk menyampaikan beberapa kompetensi tersebut. Dalam melaksanakan praktik pengalaman mengajar praktikan menggunakan powerpoint ataupun permainan sederhana yang bertujuan untuk membuat proses kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik dan efektif. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 8 kali pertemuan, adapun praktikan sudah mencapai lebih dari 8 kali pertemuan. Hambatan yang ditemui oleh praktian dalam melaksanakan PPL adalah siswa terkadang ramai sendiri sehingga kondisi kelas menjadi kurang KKN-PPL UNY 2014 terkontrol dan gaduh. Kesimpulan kegiatan KKN-PPL yang telah dilakukan adalah mahasiswa praktikan dapat memiliki pengalaman mengajar sebagai salah satu bentuk kemampuan untuk dapat menyampaikan suatu materi ataupun pendapat di depan umum, sehingga sangat bermanfaat untuk terjun di masyarakat nantinya sebagai pelengkap teori-teori yang telah didapatkan di bangku kuliah. Kunjungan dan pengarahan dari pihak UPPL sangat diperlukan secara berkala agar praktikan dapat lebih terkontrol dalam kegiatan praktiknya. Kepercayaan sekolah terhadap praktikan PPL sangat diharapkan dalam rangka memotivasi dan membangun rasa percaya diri raktikan dalam proses pengajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL SMP 4 Kalasan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 02:12
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39030

Actions (login required)

View Item View Item