Roudlotul Jannah, Roudlotul Jannah (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN BIMBINGAN DAN KONSELING (PPL BK) LOKASI SMP NEGERI 4 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
cover laporn jannah.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
pengessahan PPL Jannah.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
PENGANTAR baruu.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR PAGE 2.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI PPL.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK PPL JANNAH.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
PENDAHULUAN Jannah (PPL).pdf Download (716kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan dan Konseling di Sekolah merupakan salah satu kegiatan latihan yang bersifat intrakurikuler sehingga harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling. Kegiatan ini dalam rangka peningkatan ketrampilan dan pemahaman mengenai berbagai aspek kependidikan dan pemberian berbagai bentuk program layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan oleh seorang guru pembimbing, dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan layanan bimbingan di sekolah yang profesional. Pelaksanaan program PPL efektif dimulai dari tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September 2014. Selama kegiatan, praktikan melaksanakan berbagai program kerja yang bertujuan untuk memfasilitasi proses bimbingan dan pengoptimalan potensi siswa. Pada realisasinya kegiatan Pemberian Layanan BK di sekolah mendapat waktu efektif PPL (mengisi kelas) hanya kurang lebih 30 hari yaitu terhitung sejak tanggal 17 juli sampai tanggal 16 September 2014. Jadi materi layanan bimbingan klasikal pelaksanaanya kurang maksimal dan menjadi tidak menyeluruh dalam memberikan bimbingan klasikal.Kemudian Subyek Praktek adalah peserta didik SMP Negeri 4 Kalasan yaitu pada kelas IX Adapun jumlah rata-rata siswa tiap kelas 32 peserta didik Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL, disusun untuk mengoptimlakan perkembangan dan potensi yang dimiliki siswa. Selain itu, juga untuk melatih praktikan sebelum terjun ke lapangan kerja nantinya. Dengan demikian, praktikan memiliki keterampilan dalam menangani berbagai tugas sebagai calon guru pembimbing khususnya dan tenaga kependidikan pada umumnya, mengatur program bimbingan dan konseling, dan memberikan layanan bimbingan dan konseling dalam seting sekolah sehingga menghasilkan input dan output yang handal.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 02:03 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39024 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |