PENGARUH PENGGUNAAN MODUL MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN MESIN FRAISTERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PEMESINAN DI SMK N 2 KLATEN

Wulan Dwi Ningsih, Ningsih (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN MESIN FRAISTERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PEMESINAN DI SMK N 2 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
WULAN DWI NINGSIH 09503247011.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MODUL MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN MESIN FRAISTERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PEMESINAN DI SMK N 2 KLATEN Oleh : Wulan Dwi Ningsih 09503247011 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media modul dengan siswa yang pembelajarannya tidak mengunakan media modul serta mengetahui hambatan-hambatan dalam proses belajar dengan menggunakan media modul pada Mata Pelajaran Pemesinan kelas XI di SMK N 2 Klaten. Penelitian ini dilakukan pada Jurusan Teknik Mesin kelas XI di SMK N 2 Klaten. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Teknik Mesin di SMK N 2 Klaten. Sampel dipilih dengan cara sampling purposive yaitu 36 siswa kelas XI MA sebagai kelas kontrol dan kelas XI MB sebagai kelas eksperimen. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dengan teknik tes. Sebelum diberi perlakuan siswa diberi pretest. Selanjutnya siswa diberi perlakuan. Kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran tanpa menggunakan modul atau secara konvensional sedangkan kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan modul pembelajaran. Setelah diberi perlakuan siswa diberi posttest. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah Analisis Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul pembelajaran berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan rata-rata nilai posttest kelas ekperimen lebih tinggi dari pada rata-rata nilai posttest kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 7.3 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 6.8. Dari hasil analisis uji hipotesis yang dilakukan, terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa yang pembelajaran menggunakan media modul dengan siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan modul. Kata kunci: Pengaruh, Modul Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Frais, Prestasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Aug 2016 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 10:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39021

Actions (login required)

View Item View Item