PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN LAS OKSI-ASETILEN (LAS KARBIT) DI SMK NEGERI 2 WONOSARI

Anang Arif , Hidayat (2011) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN LAS OKSI-ASETILEN (LAS KARBIT) DI SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (Document)
Developing_Learning_Module_on_Oxy-Acetylene_Welding_at_SMK_Negeri_2_Wonosari.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) merumuskan langkah pengembangan modul pembelajaran las oksi-asetilen sebagai pendukung bagi proses pembelajaran Las Oksi-Asetilen di SMK Negeri 2 Wonosari, 2) mengetahui kelayakan modul las oksi-asetilen, dan 3) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan modul las oksi-asetilen. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitan pengembangan (research and development). Waktu pelaksanaan penelitian dimulai bulan Mei 2011 hingga Oktober 2011 di SMK Negeri 2 Wonosari. Obyek penelitian berupa pengembangan modul las oksi-asetilen yang meliputi materi menyiapkan material untuk pengelasan, mengidentifikasi peralatan las oksi-asetilen, merakit peralatan las, mengidentifikasi metode pencegahan distorsi dan melakukan pengelasan dengan proses las oksi-asetilen pada bahan baja karbon. Tahapan penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini meliputi: (1) tahap studi pendahuluan (studi pustaka, studi lapangan dan menyusun draf modul), (2) tahap pengembangan (validasi materi dan media, validasi guru, serta uji coba keterbacaan terhadap siswa pengguna, (3) tahap uji kinerja/pemakaian. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif persentase yang diterjemahkan dalam persentase terhadap kategori skala kelayakan yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Langkah pengembangan modul meliputi: (a) tahap studi pendahuluan (studi pustaka, studi lapangan dan menyusun draf modul), (b) tahap pengembangan (validasi materi dan media, validasi guru, serta uji coba keterbacaan terhadap siswa pengguna, (c) tahap uji kinerja/pemakaian; 2) Kelayakan modul diperoleh dari: validasi ahli materi memperoleh kelayakan 90%, ahli media pembelajaran memperoleh kelayakan 86,25%; sedangkan menurut guru mata pelajaran memperoleh kelayakan 89,38%; dari uji coba keterbacaan mendapat kelayakan 80,27%. Berdasarkan persentase kelayakan yang didapat dari ahli materi dan media, guru mata pelajaran dan siswa sebagai pengguna membuktikan bahwa modul Las Oksi-Asetilen yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran di SMK Negeri 2 Wonosari; 3) Hasil belajar siswa ditinjau dari nilai rata-rata kelas sebesar 7,7 dengan siswa tuntas belajar sebesar 24 siswa (75%) dan daya serap sebesar 77%, serta 8 orang siswa (25%) belum tuntas belajar sehingga perlu mengikuti remidial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:50
Last Modified: 10 Aug 2012 05:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3902

Actions (login required)

View Item View Item