LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 4 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

ARDHANA PURNAMA PUTRA, ARDHANA PURNAMA PUTRA (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 4 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU ARDHANA pdf.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2014 yang berlokasi di SMP Negeri 4 Kalasan telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 2 Juli - 17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 12 mahasiswa dari 6 program studi, yaitu Pendidikan Bahasa Jawa, Pendidikan Seni Musik, Pendidikan IPS, Pendidikan PKnH, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, dan BK. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang sangat banyak dan harus dikerjakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 16 Juli sampai dengan 3 September 2014, dilakukan sebanyak 39 kali pertemuan di kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, IX A, IX B, IX C, IX D. Materi yang saya ajarkan adalah P3K (teori), teknik dasar sepakbola (menendang menggunakan kaki bagian dalam, punggung, luar, controlling, dan dribbling) , teknik dasar bola voli (service atas dan bawah, passing atas dan bawah). Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan viii kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL yakni praktikan masih kurang dalam penguasaan kelas, ketika awal mengajar praktikan kurang jelas dalam memberikan materi karena berbicara terlalu cepat, selama pembelajaran berlangsung seringkali praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol peserta didik terutama saat menjelaskan materi karena ada sebagian peserta didik yang tidak memperhatikan, terkadang praktikan terfokus pada seorang atau sekelompok peserta didik, praktikan terlalu dekat dengan peserta didik sehingga seperti tidak ada batas dan membuat kelas kurang kondusif, serta kurang tegas dalam menghadapi peserta didik di kelas yang gaduh. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL berlangsung.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 08 Aug 2016 01:40
Last Modified: 08 Aug 2016 01:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39013

Actions (login required)

View Item View Item