LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMP N 4 KALASAN

Ana Rochmawati, Ana Rochmawati (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMP N 4 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.Cover PPLku PDF.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.Lembar Pengesahanku.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.Daftar Isiku PDF.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.ABSTRAKku PDF.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.ISI BAB 1-3ku PDF.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL merupakan kegiatan yang bersifat aplikatif yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu ketrampilan kependidikan yang diperoleh di kampus kemudian dikembangkan mahasiswa di lokasi PPL. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini yaitu merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adapun isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu meningkatkan potensi, bakat, dan minat siswa yang berguna untuk menunjang proses belajar mengajar; membantu meningkatkan kondisi sekolah yang mendukung proses belajar mengajar; mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan/atau tenaga kependidikan, dalam hal ini adalah mengenai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), pembuatan RPP, pengembangan media pembelajaran, pendampingan praktikum dan pendampingan bimbingan belajar.. Kegiatan PPL yang dilakukan SMP Negeri 4 Kalasan terletak di Jongkangan, Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. PPL merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh Mahasiswa UNY. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktek mengajar, dan analisis hasil. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung dan melakukan pengamatan secara langsung. Dalam hal ini sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMP Negeri 4 Kalasan. Observasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 14 April 2014. Praktik mengajar dilaksanakan tanggal 01 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Pada kesempatan ini praktikan mengajar dilakukan di kelas VIIA dan VIIB yang masing-masing terdapat 4 kali pertemuan. Setelah melaksanakan praktik mengajar, maka didapatkan hasil bahwa siswa SMP Negeri 04 Kalasan rata-rata mempunyai kesungguhan belajar yang tinggi. Mereka cukup aktif dan memiliki motivasi untuk terus belajar. Dalam mewujudkan output yang baik, pihak sekolah menjalankan lembaganya secara profesional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, menjalin hubungan antar personal, melengkapi sarana dan prasarana serta tertib administrasi

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 01:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39012

Actions (login required)

View Item View Item