STUDI PERANCANGAN KOREOGRAFI ANAK MELALUI REVITALISASI SENI TRADISIONAL REOG “KALOKA”

Trie Wahyuni, Dra., M.Pd. (2008) STUDI PERANCANGAN KOREOGRAFI ANAK MELALUI REVITALISASI SENI TRADISIONAL REOG “KALOKA”. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Trie_Wahyuni.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Kesenian rakyat yang tumbuh dan berkembang di masya¬ra¬kat perwujudannya menyangkut permasalahan pokok tentang ke¬hidupan yaitu ritual, yang di selama ini mencemaskan bagi ke¬langsungan hidup seni tradisi rakyat. Banyak seniman dan pemer¬hati seni pertunjukan cancut tali wanda mengadakan pembaharuan agar kesenian yang digelutinya tidak tergilas arus modernisasi yang menghilangkan ciri khas dari kesenian rakyat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman es¬tetis bagi komunitas seni reog ”Kaloka”, menumbuhkan ke¬mampu¬an mengapresiasi seni kerakyatan, dan mengembangkan bentuk perancangan koreografi anak melalui revitalisasi seni tradisional kerakyatan reog ”KALOKA”, dengan harapan perubah¬an yang terjadi dapat diterima masyarakat pendukungnya . Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Suru Kemadang Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Mei 2008 sampai dengan Desember 2008 dengan meng¬guna¬kan pendekatan classroom action research yang tidak harus dilaku¬kan dalam kelas tetapi pada jam kegiatan latihan rutin. Subjek penelitian ini adalah sumber-sumber primer yang terdiri atas para pelaku kesenian reog ”Kaloka”, pimpinan paguyuban reog ”Kaloka”, pelatih, dan para pemain reog ”Kaloka”. Penelitian tindak¬an kelas yang dilakukan terbagi dalam dua siklus. Siklus I, peneliti melakukan kegiatan perancangan dengan melaksanakan pro¬ses penggarapan koreografi anak melalui penjelajahan, me¬respon, merasakan, mengamati, bentuk revitalisasi penyajian reog ”Kaloka”, dan menggabungkan elemen estetis komposisi tari yang disampaikan kepada kedua pelatih. Siklus II, menindak lanjuti dari hasil penjelajahan, merespon, merasakan, mengamati, bentuk re¬vitalisasi penyajian reog ”Kaloka”, dan menggabungkan elemen estetis komposisi tari yang telah disampaikan kepada pelatih, selanjutnya kedua pelatih memberikan materi dan pelatihan tari dari hasil perancangan kesenian rakyat reog Kaloka yang di¬padu¬kan dengan ekspresi gerak, irama, dan penjiwaan, serta penggunaan properti kuda kepang kepada pemain reog ”Kaloka” yang berusia sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah (SMP). Tindakan pada siklus 1 sebanyak 6 kali pertemuan, dan siklus 2 sebanyak 8 kali pertemuan. Dalam penelitian ini peneliti ber¬peran sebagai pelaksana tindakan, ketua paguyuban reog ”Kaloka” bertindak sebagai pengendang dan kolaborator, dua mahasiswa sebagai pelatih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk rancangan koreografi anak melalui revitalisasi seni tradisional kerakyatan reog ”Kaloka” terdiri atas sebelas motif gerak pokok a) Jalan napak satu menthangan nekuk; b) Jalan mipil ke depan, gerak bahu 2; c) Jalan membuat formasi, jengkeng, pacak gulu coklekan; d) Sembahan, kepala coklekan kanan kiri; e) Berdiri, jalan mipil gedrug-gedrug kaki; f) Gerak awe- awe; g) Maju serempak ngracik membuat pola lantai garis lurus gerak bahu diikuti dengan teriakan “ya..ya..yaaa..”; h) Jalan di tempat, membuat formasi jengkeng kuda diletakkan dengan posisi berdiri (berdampingan), panggulan; i) Gerak di tempat, duduk melingkar sambil bertepuk tangan memberikan semangat. Gerak di tempat berhadapan dolanan asto, gerak di tempat lonthangan; j) Ambil kuda bersama-sama, gerak gedrug-gedrug; k) Jalan mipil (dua tangan memegang kuda) membentuk formasi 4 baris, jalan ke depan serempak dengan variasi gerak bahu, mundur serempak dengan variasi gerak bahu, setiap gerak bahu diikuti teriakan “ya..ya..yaaa”. Jalan mipil membentuk lingkaran besar, berbaris. Gerakan yang dilakukan ysudah disesuaikan dengan karakteristik gerak anak usia SD dan SMP, yang menyukai gerak-gerak heroik, mengandung keberanian, dalam wujud gerak serempak bagaikan prajurit berkuda. Kata kunci: perancangan, koreografi anak, revitalisasi, kesenian tradisional kerakyatan. FBS, 2008 (PEND. SENI TARI)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Date Deposited: 10 Aug 2012 02:31
Last Modified: 02 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3901

Actions (login required)

View Item View Item