PENINGKATAN MINAT BELAJAR KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP (K3LH) MELALUI MEDIA POWERPOINT DENGAN APLIKASI VIDEO UNTUK SISWA KELAS X DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA

Septi, Ariyani (2016) PENINGKATAN MINAT BELAJAR KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP (K3LH) MELALUI MEDIA POWERPOINT DENGAN APLIKASI VIDEO UNTUK SISWA KELAS X DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Septi Ariyani - 09513247003.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN MINAT BELAJAR KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP (K3LH) MELALUI MEDIA POWERPOINT DENGAN APLIKASI VIDEO UNTUK SISWA KELAS X DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA Oleh : Septi Ariyani 09513247003 Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran K3LH melalui media powerpoint dengan aplikasi video di SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta; 2) Mengetahui minat siswa pada mata pelajaran K3LH melalui media powerpoint dengan aplikasi video di SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta; 3) Mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran K3LH melalui media powerpoint dengan aplikasi video. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart sebanyak dua siklus, yang dilakukan secara berkolaborasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X menggunakan sampel jenuh yang berjumlah 30 siswa Program Keahlian Tata Busana. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, angket dan wawancara. Uji validitas lembar observasi dan pedoman wawancara menggunakan judgement expert, sedangkan untuk angket, analisis butir dengan korelasi product moment. Reabilitas instrumen menggunakan rumus Alfa Cronbach, sedangkan lembar observasi dan wawancara dengan antar rater. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Pelaksanaan pembelajaran K3LH melalui metode pembelajaran langsung menggunakan bantuan media powerpoint dengan aplikasi video dilaksanakan dengan tahapan : guru membuka pelajaran dan memberikan apersepsi, lalu guru menyampaikan materi pelajaran menggunakan bantuan media powerpoint dengan aplikasi video. Berikutnya setelah guru merangkum pelajaran, guru melakukan evaluasi lisan kemudian menutup pelajaran dengan do’a. Minat belajar siswa dalam mata pelajaran K3LH dengan media powerpoint yang dilengkapi aplikasi video di SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta tergolong dalam kategori tinggi. Artinya siswa kelas X SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta dalam pembelajaran K3LH sudah mempunyai ketertarikan, perhatian, rasa senang, dan termotivasi untuk belajar lebih dalam karena merasa pelajaran tersebut memiliki manfaat sesuai dengan kebutuhan untuk mengetahui cara hidup yang sehat dan aman. Minat belajar K3LH siswa melalui media powerpoint dengan aplikasi video mengalami peningkatan sebesar 22,4%. Hal ini terbukti pada siklus pertama nilai skor angket siswa mencapai rata-rata 77, sedangkan pada siklus kedua nilai skor angket siswa mencapai nilai rata-rata 81.60. Dengan demikian hipotesis tindakan yang diajukan dan berbunyi minat belajar K3LH siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan media pembelajaran powerpoint dengan aplikasi video dapat diterima. Kata Kunci : Media powerpoint dengan aplikasi video, peningkatan minat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Aug 2016 01:33
Last Modified: 30 Jan 2019 10:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39007

Actions (login required)

View Item View Item