Satria, Handy Kusuma (2016) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR DASARDASAR ELEKTRONIKA SISWA KELAS X PROGRAM STUDI TEKNIK AUDIO VIDEO SMK N 2 DEPOK, SLEMAN. S1 thesis, fakultas Teknik.
|
Text
Satria Handy Kusuma 08502244029.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR DASARDASAR ELEKTRONIKA SISWA KELAS X PROGRAM STUDI TEKNIK AUDIO VIDEO SMK N 2 DEPOK, SLEMAN Oleh: Satria Handy Kusuma NIM. 08502244029 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dan kemandirian belajar siswa secara sendiri-sendiri maupun terpisah-pisah dengan prestasi belajar dasar-dasar elektronika siswa kelas X Program Studi Teknik Audio Video SMK N 2 Depok, Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah Expost Facto, populasi berjumlah 30 siswa dari seluruh siswa kelas X Program Studi Teknik Audio Video SMK N 2 Depok, Sleman. Data yang diambil untuk variabel bebas menggunakan angket sedangkan untuk variabel terikat menggunakan metode dokumentasi. Validitas isi diperoleh melalui judgment ahli dan analisis butir dihitung menggunakan korelasi product moment untuk seluruh variabel bebasnya. Reliabilitas instrumen kecerdasan emosional dan kemandirian belajar siswa dengan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif, korelasi dan regresi dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian kelas X Program Studi Teknik Audio Video SMK N 2 Depok, Sleman menemukan adanya hubungan yang positif dan signifikan dari kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa dapat dilihat nilai rhitung sebesar 0,559 dan rtabel 0,361 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05. Adanya hubungan yang positif dan signifikan dari kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa dapat dilihat nilai rhitung sebesar 0,509 dan rtabel 0,361 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05. Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emocional dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa dapat dilihat nilai rhitung sebesar 0,702 dan rtabel 0,361 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05. Kata kunci: kecerdasan emosional (EQ), kemandirian belajar, dan prestasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 01:15 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39001 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |