UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LEMPAR MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SISWAKELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI BENERWETAN KECAMATAN AMBAL KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2014/ 2015

Badar Eko Saputro (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LEMPAR MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SISWAKELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI BENERWETAN KECAMATAN AMBAL KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2014/ 2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP PDF_BADAR EKO SAPUTRO_NIM 12604227013.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran gerak dasar lempar siswa kelas IV SD Negeri Benerwetan Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran gerak dasar lempar melalui pendekatan bermain siswa kelas IV SD Negeri Benerwetan kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen tahun 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yang digunakan siswa kelas IVsejumlah 23 anak. Penelitian tindakan selama dua siklus, setiap siklus dengan dua kali pertemuan, setiap pertemuan selama 70 menit. Peningkatan pembelajaran gerak dasar lempar difokuskan pada suasana proses pembelajaran yang berupa aktif, semangat, dan tekun serta kemampuan gerak dasar lempar. Data yang diambil oleh peneliti dan kolaborator dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi pengamatan, angket tanggapan siswa dan evaluasi unjuk kerja kemampuan gerak dasar lempar. Pengambilan data dilakukan saat pembelajaran, dan setelah pembelajaran. Data yang diperoleh dianalis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa tindakan dengan pendekatan bermain yang dilakukan dalam 2 siklus dengan keseluruhan 4 kali pertemuan, ternyata mampu meningkatkan pembelajaran gerak dasar lempar siswa kelas IV SD Negeri Benerwetan Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen. Peningkatan tersebut meliputi : suasana pembelajaran dan kemampuan gerak dasar lempar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh kolaborator pada saat proses pembelajaran berlangsung. Saat proses pembelajaran terlihat meningkatnya keaktifan belajar siswa, semangat beraktifitas dari siswa, dan ketekunan dari siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu juga terlihat adanya peningkatan kemampuan gerak dasar lempar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran,Gerak dasar lempar,pendekatan bermaindanberlomba
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Aug 2016 03:14
Last Modified: 30 Jan 2019 10:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38988

Actions (login required)

View Item View Item