PENGARUH PERSEPSI TENTANG PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIKUM KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FE UNY

Saifudin, Acep (2016) PENGARUH PERSEPSI TENTANG PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIKUM KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FE UNY. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIKS ACEP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) pengaruh persepsi tentang pembelajaran mata kuliah praktikum kewirausahaan terhadap keputusan berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi FE UNY, (2) mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap keputusan berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi FE UNY, dan (3) mengetahui persepsi tentang pembelajaran mata kuliah praktikum kewirausahaan dan lingkungan teman sebaya terhadap keputusan berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi FE UNY. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Variabel penelitian ini adalah persepsi tentang pembelajaran mata kuliah praktikum kewirausahaan, lingkungan teman sebaya, dan keputusan berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi FE UNY angkatan 2011 sebanyak 56 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) persepsi tentang pembelajaran mata kuliah praktikum kewirausahaan berpengaruh positif terhadap keputusan berwirausaha yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,012 kurang dari 0,05. (2) lingkungan teman sebaya berpengaruh positif terhadap keputusan berwirausaha yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,007 kurang dari 0,05. (3) persepsi tentang pembelajaran mata kuliah praktikum kewirausahaan dan lingkungan teman sebaya berpengaruh positif terhadap keputusan berwirausaha yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,000 kurang dari 0,05. Nilai R2 sebesar 0,508 ini berarti 50,8% keputusan berwirausaha dijelaskan oleh persepsi tenteng pembelajaran mata kuliah praktikum kewirausahaan dan lingkungan teman sebaya. Sedangkan 49,2% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 08 Aug 2016 03:08
Last Modified: 30 Jan 2019 10:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38971

Actions (login required)

View Item View Item