PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012-2013 Mata Kuliah Statistika II dan Aplikasi Komputer II)

Darliah, Lili (2016) PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012-2013 Mata Kuliah Statistika II dan Aplikasi Komputer II). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Lili Darliah_NIM 12804241058.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi dan penggunaan E-learning terhadap prestasi belajar pada mahasiswa pendidikan Ekonomi FE UNY dengan motivasi belajar sebagai variabel Intervening. Prestasi belajar dilihat dari nilai Mata Kuliah Statistika II dan Aplikasi Komputer II. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2012-2013 sebanyak 181 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 123 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan path analysis (analisis jalur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: : 1) kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai probability 0,000 dan nilai critical ratio sebesar 4,061; 2) penggunaan E-learning berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan probability 0,009 dan nilai critical ratio sebesar 2,618; 3) kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan probability 0,031 dan nilai critical ratio sebesar 2,157; 4) penggunaan E-learning berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan probability 0,000 dan nilai critical ratio sebesar 2,948; 5) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan probability 0,006 dan nilai critical ratio sebesar 2,725.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 08 Aug 2016 03:08
Last Modified: 30 Jan 2019 10:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38961

Actions (login required)

View Item View Item