LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI MADRASAH ALIYAH NEGERI GODEAN Jl. Pramuka, Sidoarum, Godean, Sleman, Yo

Suhartanti, Suhartanti (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI MADRASAH ALIYAH NEGERI GODEAN Jl. Pramuka, Sidoarum, Godean, Sleman, Yo. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover, Pengesahan, BAB I-III, Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2014 yang berlokasi di MAN Godean telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 2 Juli –17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 10 mahasiswa dari 4 program studi, yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan Fisika, Pendidikan Teknik Busana dan Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014, dilakukan sebanyak 12 kali pertemuan di kelas X IIS 1, X IIS 2, dan X IIS 1. Cara Berfikir Kronologis dan Sinkronik dalam mempelajari Sejarah, untuk sejarah wajib (kelas X IIS 1, X IIS 2, X IIS 3), dan Manusia dan Sejarah, untuk sejarah peminatan (kelas X IIS 1, X IIS 2, X IIS 3). Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL yakni praktikanmasih kurang dalam penguasaan kelas, selama pembelajaran berlangsung seringkali praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol siswa terutama saat penguasaan kelas dan menerangkan materi karena ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan. Ketika diberi umpan balik, untuk menanyakan kejelasan dan ketidakjelasan siswa terhadap materi, hanya sedikit siswa yang memberikan respon. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Aug 2016 06:35
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38945

Actions (login required)

View Item View Item