LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : DI MAN GODEAN (JALAN PRAMUKA SIDOARUM GODEAN SLEMAN) 11 AGUSTUS 2014 – 17 SEPTEMBER 2014

SILVIANA FITRIASTUTI, SILVIANA FITRIASTUTI (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : DI MAN GODEAN (JALAN PRAMUKA SIDOARUM GODEAN SLEMAN) 11 AGUSTUS 2014 – 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER, Halaman Pengesahan dan Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-III.pdf

Download (514kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu Perguruan Tinggi di Yogyakarta yang mengedepankan pencetakan tenaga pendidik. Universitas Negeri Yogyakarta tetap mempertahankan dan terus mengembangkan salah satu fungsinya yaitu untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru/tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sehingga menjadi tenaga kependidikan yang profesional. Untuk mewujudkan semua itu maka mahasiswa program studi kependidikan harus menempuh mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Mata kuliah tersebut dilaksanakan secara rutin dan berkala setiap tahunnya. Salah satu lokasi KKN-PPL di Kabupaten Sleman adalah MAN Godean yang terletak di Jalan Pramuka, Sidoarum Godean, Sleman 55564 Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman nyata serta melatih mahasiswa agar mengetahui seluk beluk proses belajar mengajar. Pelaksanaan PPL mahasiswa UNY tahun 2014 yang dilaksanakan selama kurang lebih 7 minggu di lokasi MAN Godean, telah berhasil melaksanakan beberapa program kegiatan yang terdiri dari kegiatan belajar mengajar. Yang dimaksud kegiatan belajar mengajar disini adalah serangkaian kegiatan yang dilaksanakan minimal 8 kali tatap muka. Kegiatan belajar mengajar dibagi menjadi 2 yaitu kegiatan belajar mengajar terbimbing dan mandiri. Praktik mengajar terbimbing adalah latihan mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menerapkan kemampuan mengajarnya secara utuh di kelas dengan dibimbing oleh guru pembimbing, demikian sebaliknya untuk praktik mengajar mandiri. Adapun keberhasilan dari pelaksanaan program-program yang tersebut di atas tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Selain itu adanya persiapan dan perencanaan yang matang dari prktikan. Keterlibatan guru pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan peserta didik yaitu siswa-siswi MAN Godean akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Dari kegiatan PPL ini diharapkan benar-benar bermanfaat bagi terciptanya calon guru yang terampil, berpengalaman, dan profesional sehingga mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas bagi kemajuan bangsa ini. Secara umum pelaksanaan PPL di MAN Godean berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama yang harmonis beberapa unsur sekolah seperti Kepala Sekolah, guru, karyawan, dan siswa. Beberapa saran yang dikemukakan mahasiswa antara lain : saat kegiatan observasi KKN-PPL hendaklah terjalin kerja sama dan keterbukaan antara elemen sekolah dan mahasiswa sehingga program kerja KKN-PPL yang disusun dapat berjalan dengan baik, meskipun banyak sekali program insidental yang harus dikerjakan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2014, PPL UNY, MAN Godean
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Aug 2016 06:32
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38944

Actions (login required)

View Item View Item