LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI MAN GODEAN Jl. Pramuka, Sidoarum, Godean, Sleman, Yogyakarta 1 JULI – 17 SEPTEMBER 2014

Nur Laila Fitriana, Nur Laila Fitriana (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI MAN GODEAN Jl. Pramuka, Sidoarum, Godean, Sleman, Yogyakarta 1 JULI – 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover, pengesahan, abstrak.pdf

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I, BAB II BAB III.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa baik sebagai tenaga pendidik maupun sebagai administrasi kependidikan. PPL dilaksanakan dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga terkait dengan proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat dan dikuasai selama mengikuti perkuliahan. Sebelum melaksanakan PPL, mahasiswa melakulan pembekalan PPL dan observasi kelas pada lokasi PPL, untuk mengetahui metode yang digunakan, media pembelajaran, dan lain sebagainya. Pelaksanaan PPL di MAN Godean dilaksanakan selama 8 minggu dimulai sejak tanggal 3 Juli 2014 – 17 September 2014. Pada kesempatan ini mahasiswa mengajar mata pelajaran Prakarya Tekstil kelas X dengan jadwal mengajar pada hari Selasa jam ke 1-2, 6-7, dan Sabtu jam ke 5-6. Disamping itu, mahasiswa juga menjadi pendamping mata pelajaran KHM Sablon pada hari Senin jam ke 4-9, Rabu jam ke 4-9, dan Kamis jam ke 4-9. Pada tahap pertama mahasiswa melakukan konsultasi dengan guru pembimbing mengenai proses belajar mengajar. Kemudian, mahasiswa melakukan praktik pengajaran dengan didampingi guru pembimbing. Persiapan yang dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar antara lain membuat RPP dan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pembelajaran antara lain ceramah, diskusi, demontrasi, tanya jawab dan penugasan. Dari hasil pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di MAN Godean mahasiswa mengetahui dan dapat membuat administrasi guru dalam mengajar antara lain RPP, daftar hadir siswa, lembar peilaian, program tahunan dan program smester. Selain itu mahasiswa juga dapat membuat media pembelajaran yang digunakan untuk mengajar di dalam kelas antara lain handout dan jobsheet. Selain itu juga melaksanakan tugas guru diluar kelas diantaranya sebagai guru piket loby, piket perpus, administrasi sekolah. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa melakukan praktik mengajar mata pelajaran Prakarya Tekstil kelas X sebanyak 14 kali tatap muka.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, mengajar, MAN Godean
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Aug 2016 06:30
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38943

Actions (login required)

View Item View Item