LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: MAN GODEAN 2014/ 2015

Laode Muhamad K M, Laode Muhamad K M (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: MAN GODEAN 2014/ 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
01. Halaman Judul, Lembar Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Lampiran, Abstarak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. BAB I, II, dan III.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2014 yang berlokasi di MAN Godean telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 1 Juli - 17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 10 mahasiswa dari 4 program studi, yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan Fisika, Pendidikan Teknik Busana dan Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik yang profesional yang memiliki kompetensi pedadogik, kepribadian, sosial, pengetahuan dan keterampilan yang profesional. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Penempatan mahasiswa KKN-PPL di MAN Godean diharapkan mampu memahami peranan tenaga pendidik dan mampu menjalankan kewajiban sebagai tenaga pendidik secara tanggung jawab. sebelum diterjunkan sebagai tenaga pendidik sementara, para praktikan harus melewati beberapa tahap agar pelaksanaan kegiatan KKN-PPL dapat berjalan dengan lancar. Tahapan-tahapan yang dimaksud yaitu: 1) Pengajaran Mikro, 2) Observasi Sekolah dan Kelas, dan 3) Pembekalan KKN-PPL. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 25 Agustus sampai dengan 5 September 2014, dilakukan sebanyak 9 kali pertemuan di kelas XI IPS 1, XI IPS 2 dan XI IPS 3. Kompetensi dasar yang diajarkan adalah kompetensi dasar 1.1 dan 1.2 yaitu Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia dan Menganalisis Perkembangan Kehidupan Negaranegara Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Aug 2016 06:22
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38941

Actions (login required)

View Item View Item