Hefi Rahayu, Hefi Rahayu (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI MAN GODEAN Jl. Pramuka, Sidoarum, Godean, Sleman, Yogyakarta 1 JULI – 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
cover, Halaman Pengesahan, Abstrak.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I, BAB II BAB III.pdf Download (329kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dengan jenjang pendidikan strata 1 yang nantinya akan bergerak dibidang pendidikan baik sebagai tenaga pendidik maupun sebagai administrasi kependidikan. PPL dilaksanakan dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga terkait dengan proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat dan dikuasai selama mengikuti perkuliahan. Sebelum melaksanakan PPL, mahasiswa melakulan pembekalan PPL dan observasi kelas pada lokasi PPL yang telah dituju, gunanya untuk mengetahui metode yang digunakan, media pembelajaran yang efektif, dan lain sebagainya. Pelaksanaan PPL di MAN Godean dimulai pada tanggal 3 Juli 2014 – 17 September 2014 dengan waktu efektif selama 8 minggu. Pada kesempatan ini mahasiswa mengajar mata pelajaran Prakarya Tekstil kelas X dengan jadwal mengajar pada hari Selasa jam ke 1-2, 6-7, dan Sabtu jam ke 5-6. Disamping itu, mahasiswa juga menjadi pendamping mata pelajaran KHM Sablon pada hari Senin jam ke 4-9, Rabu jam ke 4-9, dan Kamis jam ke 4-9. Pada tahap pertama mahasiswa melakukan konsultasi dengan guru pembimbing mengenai pelaksanaan pembelajaran yang akan dilakukan. Setelah itu, mahasiswa melakukan praktik pengajaran dengan didampingi guru pembimbing. Persiapan yang harus dilakukan sebelum melaksanakan pebelajarana adalah membuat perangkat mengajar seperti RPP, media pembelajaran, metode, penugasan, presensi, dll. Dari hasil pelaksanaan PPL di MAN Godean mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman menjadi seorang guru, baik dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik maupun tugas lain yang dilakukan oleh guru ketika di lingkungan sekolah. Tugas guru sebagai pendidik diantaranya menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RPP, media pembelajaran, metode pembelajaran, alat peraga, lembar penilaian, lembar presensi, serta penugasan. Sedangkan tugas guru diluar kelas diantaranya sebagai guru piket loby, piket perpus, administrasi sekolah, dll.dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa melakukan praktik mengajar mata pelajaran Prakarya Tekstil kelas X dengan jumlah tatap muka sebanyak 14 kali.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, mengajar, MAN Godean |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 06:18 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |