LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: MAN GODEAN (JALAN PRAMUKA SIDOARUM GODEAN SLEMAN) 3 JULI - 17 SEPTEMBER 2014

BANGKIT SUDRAJAD, BANGKIT SUDRAJAD (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: MAN GODEAN (JALAN PRAMUKA SIDOARUM GODEAN SLEMAN) 3 JULI - 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER LAPORAN.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I, II, III.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Godean, yang terletak di Jl. Pramuka Sidoarum Godean Sleman merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi PPL UNY tahun 2014. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil pengamatan kondisi yang telah dilaksanakan, program pelaksanaan PPL yang dilakukan mahasiswa praktikan di sekolah meliputi kegiatan managemen, administrasi dan pelaksanaan pendidikan yang di dalamnya berkaitan dengan pembuatan instrument-instrument pengajaran diantaranya : (1) membuat silabus, (2) membuat program tahunan, (3) membuat program semester, (4) membuat RPP, (5) membuat instrument penilaian. Selama berlangsungnya kegiatan PPL mahasiswa telah membuat 9 RPP untuk kelas XI, 2 RPP untuk kelas X, sedangkan untuk pembuatan silabus, program tahunan dan program semester hanya dibuat untuk semester ganjil kelas XI. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pembelajaran bagi mahasiswa, agar mengetahui administrasi-administrasi yang harus dilakukan ketika menjadi seorang guru. Melihat program pelaksanaan PPL yang telah praktikan lakukan dapat disimpulkan bahwa program MAN Godean berjalan dengan lancar. Selain itu PPL sangat bermanfaat dalam memberikan bekal pengalaman bagi mahasiswa praktikan sekaligus sebagai latihan sebelum nantinya terjun ke masyarakat dan melakukan tugasnya secara nyata.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2014, MAN Godean, Administrasi, instrumen.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Aug 2016 06:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38939

Actions (login required)

View Item View Item