Upaya Meningkatkan Karakter Melalui Model Cooperative Learning dalam Permainan Bola Kasti Kelas V SD Muhammadiyah Komplek Kolombo Sleman Yogyakarta

Setiawan, Deni (2016) Upaya Meningkatkan Karakter Melalui Model Cooperative Learning dalam Permainan Bola Kasti Kelas V SD Muhammadiyah Komplek Kolombo Sleman Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-deni-setiawan-14711251093.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan karakter kerjasama, tanggung jawab dan kejujuran siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani melalui model cooperative learning pada permainan bola kasti kelas V SD Muhammadiyah Komplek Kolombo Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Hopkins. Desain dilakukan dengan tiga siklus yang setiap siklus diawali oleh perencanaan, tindakan/observasi dan refleksi untuk perbaikan rencana siklus selanjutnya. Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas V SD Muhammadiyah Komplek Kolombo Sleman Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan lembar angket siswa. Teknik analisis data menggunakan kualitatif berupa deskripsi data dan kuantitatif berupa hasil penghitungan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi guru dalam proses pembelajaran dalam skor kategori “sangat baik”. Pada siklus I hasil penghitungan observasi karakter kerjasama 77,3%, karakter tanggung jawab 72,7% dan karakter kejujuran 70,5%. Pada siklus II hasil observasi siswa mengalami peningkatan yaitu karakter kerjasama 90,9%, karakter tanggung jawab 77,3% dan karakter kejujuran menjadi 90,9%. Observasi pada siklus III mengalami peningkatan karakter kerjasama menjadi 95,9%, tanggung jawab 79,5% dan kejujuran 90,9%. Hasil penghitungan angket karakter kerjasama pada siklus I skor kategori sangat baik 40,9%, meningkat menjadi 59% pada siklus II dan pada siklus III meningkat menjadi 63,6%. Hasil penghitungan angket pada siklus I karakter tanggung jawab dalam skor kategori sangat baik 54,5% dan meningkat menjadi 68,2% pada siklus II dan III. Hasil penghitungan angket karakter kejujuran pada siklus I dalam skor kategori sangat baik 45,5% dan terjadi peningkatan pada siklus II dan III menjadi 59,1%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model cooperative learning, karakter, permainan bola kasti
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Aug 2016 06:24
Last Modified: 09 May 2019 07:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38916

Actions (login required)

View Item View Item