ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCE SCORECARD PADA PERUSAHAAN PENERBIT BUKU DEEPUBLISH CV. BUDI UTAMA YOGYAKARTA

Firdaus Maulana, Adi (2016) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCE SCORECARD PADA PERUSAHAAN PENERBIT BUKU DEEPUBLISH CV. BUDI UTAMA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja perusahaan dalam keempat perspektif Balance Scorecard, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan pada penerbit buku Deepublish CV. Budi Utama Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen dalam penelitian menggunakan teknik skala likert. Teknik analisis data menggunakan aktivitas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja perusahaan penerbit buku Deepublish dengan pendekatan Balance Scorecard menghasilkan total pengukuran kinerja yang baik. Perspektif keuangan baik, margin laba kotor sebesar 73,6%, margin laba operasi sebesar 18,27%, ROA sebesar 25,21%. Current Ratio sebesar 445,37%, dan TATO sebesar 137,97%. Perspektif pelanggan baik, namun ada catatan pada akuisisi pelanggan yang mengalami penurunan, retensi pelanggan mengalami penurunan sebesar 0,38%, akuisisi pelanggan mengalami penurunan sebesar 23,34%, dan tingkat kepuasan pelanggan pada tanggapan positif >50%. Perspektif bisnis internal kurang baik, ada bagian yang harus diperbaiki oleh manajemen yaitu pada bagian proses inovasi dan penanganan barang cacat , sedangkan untuk proses bisnis ada penurunan waktu sebesar 6 hari. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan kurang baik, produktivitas karyawan mengalami penurunan sebesar Rp 8.138.170,00, perputaran karyawan mengalami peningkatan sebesar 16,62%, pada survey kepuasan karyawan tanggapan positif >60%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengukuran dengan pendekatan Balance Scorecard
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:46
Last Modified: 30 Jan 2019 10:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38907

Actions (login required)

View Item View Item