LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SD NEGERI KEPEK

GALIH MUNIAGE, GALIH MUNIAGE (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SD NEGERI KEPEK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Galih Muniage_11604224030.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam melengkapi salah satu butir Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, untuk itu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mempunyai satu program yang dapat melaksanakan butir tersebut, yaitu dengan satu program yang disebut Kuliah Kerja Nyata (KKN), dalam kegiatan KKN ini para mahasiswa dituntut untuk bisa berkreasi dalam penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dan dikembangkan kepada masyarakat, terutama masyarakat sekolah bagi mahasiswa program pendidikan. Berkaitan dengan kegiatan KKN dan PPL yang terintegrasi menjadi satu waktu kegiatan dengan menggunakan sistem blok maka kegiatan tersebut dinamakan KKN-PPL. Pelaksanaan KKN-PPL dilakukan pada tanggal 02 Juli sampai dengan tanggal 17 September 2014 bertempat di SD N Kepek, dengan melaksanakan programprogram kegiatan baik yang bersifat fisik ataupun yang bersifat non-fisik sesuai dengan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa serta tetap dengan mengedepankan aspek relevansi dengan pihak sekolah sehingga program berjalan efektif dan efisien. Kegiatan KKN-PPL tersebut yang dilaksanakan di SD N Kepek merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa di samping sebagai wujud pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, sekolah atau lembaga masyarakat sekaligus untuk melatih mahasiswa untuk menerapakan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki. Sebelum diterjunkan ke lokasi KKN-PPL terlebih dahulu melakukan observasi untuk memperoleh data yang diperlukan untuk menyusun program kerja. Dari hasil observasi diketahui beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah tetapi belum terberdayakan. Berdasarkan kondisi yang ada, maka mahasiswa PPL merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama KKN-PPL. Program PPL ini antara lain: praktek mengajar, pembuatan media dan pengembangan metode pembelajaran, dan penyusunan satuan perangkat pembelajaran. Hal tersebut dilakukan guna mendukung terlaksananya praktek pengalaman lapangan berupa kegiatan pembelajaran dengan viii optimal, baik secara landasan konseptual, prosedural dan operasional yang sudah ditentukan. Sarana pembelajaran yang dipakai di sekolah ini cukup memadai, hal ini sangat mendukung untuk kelancaran proses belajar mengajar. Kondisi ini didukung oleh guru yang memiliki kualifikasi sesuai dengan bidang masing-masing. Hal lain yang menunjang dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berjalan dengan baik dan lancar adalah lingkungan yang nyaman, bersih dan sehat. Apabila melihat kondisi sekolah secara umum maka lingkungan SD N Kepek sangat kondusif dalam menunjang KBM. Kegiatan PPL ini merupakan kegiatan pengembangan dalam diri mahasiswa, juga untuk melengkapi Tugas Akhir studi yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Hasil akhir yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah mahasiswa mampu mengenal, mengamati, sekaligus mampu mempraktekkan semua kompetensi yang diperlukan bagi calon guru pendidikan jasmani, serta mahasiswa mempunyai suatu kesadaran akan tugas dan tanggungjawabnya sebagai tenaga kpendidikan yang baik. Sebelum melakukan kegiatan PPL, mahasiswa terlebih dahulu melakukan observasi ke sekolah guna mengetahui situasi dan proses pembelajaran pendidikan jasmani yang sebenarnya. Dari program PPL ini maka praktikan dapat mengambil beberapa pengalaman faktual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya yang selanjutnya sangat berguna bagi praktikan untuk mengembangkan dirinya sebagai guru dan tenaga pendidik yang professional, memiliki nilai, sikap, dan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan. Melihat program pelaksanaan KKN-PPL yang telah praktikan lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa program KKN-PPL di SD N Kepek berjalan dengan lancar. Selain itu KKN-PPL sangat bermanfaat dalam memberikan bekal pengalaman bagi mahasiswa praktikan sekaligus sebagai latihan, belajar dan upaya meningkatkan kompetensi-kompetensi calon tenaga pendidik (pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial) sebelum nantinya terjun ke sekolah dalam menjalankan peran, fungsi dan tugasnya secara profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:42
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38905

Actions (login required)

View Item View Item