Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Aktif Tipe Learning Tournament Berbasis Local Wisdom Kabupaten Purworejo untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Nilai Karakter

Wulandari, Wahyu Trias (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Aktif Tipe Learning Tournament Berbasis Local Wisdom Kabupaten Purworejo untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Nilai Karakter. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wahyu-trias-wulandari-14726251025.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kelayakan dan menghasilkan perangkat pembelajaran perangkat pembelajaran fisika aktif tipe learning tournament berbasis local wisdom kabupaten Purworejo untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan nilai karakter, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran perangkat pembelajaran fisika aktif tipe learning tournament berbasis local wisdom kabupaten Purworejo, dan (3) mendeskripsikan peningkatan nilai karakter siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran fisika aktif tipe learning tournament berbasis local wisdom kabupaten Purworejo. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D. Tahapan dari model 4D antara lain define, design, develop, dan disseminate.Subjek uji coba terbatas adalah 32 siswa SMA N 5 Purworejo. Subjek uji coba lapangan terdiri atas 32 siswa kelas eskperimen dan 32 siswa kelas kontrol. Subjek uji coba lapangan adalah siswa SMA N 1 Purworejo. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi instrumen penilaian perangkat pembelajaran, lembar penilaian perangkat pembelajaran, tes hasil belajar,lembar angket dan observasi karakter, angket respon siswa, serta lembar observasi keterlaksanaan RPP. Teknik analisis data menggunakan uji multivariat (MANOVA) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran fisika aktif tipe learning tournament berbasis local wisdom Kabupaten Purworejo telah teruji secara teori maupun empiris layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP, handout, dan LKS. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Hal ini ditunjukkan dengan nilai N-gain pada uji coba terbatas yang termasuk dalam kategori “sedang” dan pada uji coba lapangan termasuk dalam kategori” tinggi”. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep juga ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan siswa pada uji coba terbatas sebesar 78,125% dan pada kelas eksperimen uji coba lapangan sebesar 75%. Selain itu, perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan nilai karakter. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan nilai karakter yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, pembelajaran fisika, active learning, learning tournament, local wisdom, kemampuan pemahaman konsep, nilai karakter
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:38
Last Modified: 09 May 2019 07:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38901

Actions (login required)

View Item View Item