Evaluasi Pendidikan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Se-kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap 2015/2016

Sari, Arum Wulan (2016) Evaluasi Pendidikan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Se-kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap 2015/2016. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arum-wulansari-14717251004.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil evaluasi konteks, input, proses, dan produk pada pendidikan kecakapan hidup anak usia dini di taman kanak-kanak se-Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi menggunakan model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam yaitu konteks, input, proses, dan produk. Sampel sebanyak 75 orang yang terdiri dari 53 guru dan 22 kepala sekolah ditentukan dengan teknik inccindental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner, wawancara dan observasi.Validasi instrumen tentang konteks, input, proses, dan produk menggunakan analisis faktor. Reliabilitas instrumen ditentukan dengan rumus Cronbach Alpha. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Data kuantitatif diolah dengan bantuan SPSS 20.0 for windows dan Microsoft office excel 2007. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Hasil evaluasi konteks yang terdiri dari: tujuan rencana pembelajaran pendidikan kecakapan hidup dan partisipasi orang tua terhadap program kecakapan hidup sudah sangat baik dan sesuai dengan kurikulum. Rata-rata skor yang diperoleh 3,56. (2) Hasil evaluasi input yang terdiri dari: latar belakang pengetahuan pendidik tentang pendidikan kecakapan hidup, kualifikasi pendidik, latar belakang kompetensi pendidik, sarana prasarana, dan pembiayaan sudah sangat baik dan sesuai dengan kurikulum. Rata-rata skor yang diperoleh 3,68. (3) Hasil evaluasi proses yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan dan penilaian sudah sangat baik dan sesuai dengan kurikulum. Rata-rata skor yang diperoleh 3,97. (4) Hasil evaluasi produk dari implementasi pendidikan kecakapan hidup anak sudah sangat baik dan sesuai dengan kurikulum. Rata-rata skor yang diperoleh 3,85

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pendidikan kecakapan hidup, anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:31
Last Modified: 09 May 2019 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38898

Actions (login required)

View Item View Item