Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar dan Kebiasaan Membaca dengan Prestasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri di Kecamatan Sleman Tahun Pelajaran 2010/2011

Wati, Dwi Agustiana (2011) Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar dan Kebiasaan Membaca dengan Prestasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri di Kecamatan Sleman Tahun Pelajaran 2010/2011. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dwi-agustiana-wati-08703254006.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana hubungan persepsi siswa tentang pengelolaan kelas, motivasi belajar dan kebiasaan membaca dengan prestasi pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Sleman. Penelitian ini menggunakan metode Ex Post Facto. Populasinya siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Sleman dengan jumlah 285 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan undian dengan jumlah sampel 89 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Teknik tes untuk mengumpulkan data tentang prestasi pembelajaran bahasa Indonesia, sedangkan nontes untuk mengungkapkan persepsi siswa tentang pengelolaan kelas, motivasi belajar dan kebiasan membaca siswa. Uji persyaratan analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dengan prestasi pembelajaran bahasa Indonesia dengan nilai signifikansi 0,042 dan koefisien korelasi 0,218 serta kontribusi 31,58% yang dikontrol oleh motivasi belajar dan kebiasaan membaca. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi pembelajaran bahasa Indonesia dengan nilai signifikansi 0,010 dan koefisien korelasi 0,277 serta kontribusi 32,14% yang dikontrol oleh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan kebiasaan membaca. (3) Terdapat hubungan yang positif signifikan antara kebiasaan membaca dengan prestasi pembelajaran bahasa Indonesia dengan nilai signifikansi 0,015 dan koefisien korelasi 0,259 serta kontribusi 26,11% yang dikontrol oleh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan motivasi belajar. (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas, motivasi belajar, kebiasaan membaca secara bersama- sama dengan prestasi pembelajaran bahasa Indonesia 42,6 % dengan F hitung 21,023 dan nilai signifikansi 0.000. Hal itu berarti bahwa semakin tinggi persepsi siswa tentang pengelolaan kelas, motivasi belajar dan kebiasaan membaca siswa maka semakin tinggi pula nilai prestasi pembelajaran bahasa Indonesianya, begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan kelas, motivasi belajar, kebiasaan membaca, prestasi pembelajaran, bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:26
Last Modified: 29 Jan 2019 08:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38894

Actions (login required)

View Item View Item