Perananan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Sentani Kabupaten Jayapura

Bu'tu, Dorce (2011) Perananan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Sentani Kabupaten Jayapura. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dorce-butu-09703251022.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 2 Sentani yang ditinjau dari aspek (1) Kepala sekolah sebagai pemimpin: memberikan keteladanan, menggerakkan guru, memberikan bimbingan dan pengawasan, dan memberdayakan guru dan (2) Kepala sekolah sebagai motivator: memberi penghargaan, menciptakan iklim kerja, dan menumbuhkan disiplin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan dan keabsahan data dilakukan melalui pendekatan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini menggunakan teknik analisis interactive model. Proses analisis tersebut mengandung komponen reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Kepala sekolah dalam memberikan keteladanan dilakukan melalui sikap yang positif, sedangkan unjuk kerja ditunjukkan dengan bekerja keras, disiplin, dan bertangggung jawab. (2) Menggerakkan guru dilakukan dengan mengarahkan pada kesadaran untuk bekerja dari pada memberi hukuman. (3) Pemberian bimbingan dan pengawasan dilakukan dengan pemberian petunjuk teknis kurikulum dan supervisi klinis. (4) Pemberdayaan guru dilakukan dengan pemberian kepercayaan dan tanggung jawab. (5) Pemberian penghargaan dilakukan melalui pemberian insentif dan pujian di depan khalayak. Namun di sisi lain pemberian insentif bagi guru yang berprestasi belum dilaksanakan. (6) Penciptaan ikim kerja dilakukan dengan berusaha berlaku adil dan tidak bertindak otoriter. Namum untuk penyediaan fasilitas yang menunjang kegiatan pendidikan khususnya kenyamanan guru belum memadai. (7) Penumbuhan disiplin dilakukan dengan memberi contoh atau menjadi contoh bagi semua warga sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, kepala sekolah, kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:16
Last Modified: 29 Jan 2019 08:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38889

Actions (login required)

View Item View Item