Pengembangan Digital Book Interaktif “Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif” untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan FIP UNY

Mawarni, Sella (2016) Pengembangan Digital Book Interaktif “Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif” untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan FIP UNY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sella-mawarni-14707259001.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menghasilkan produk digital book interaktif yang didesain untuk mata kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk mahasiswa Teknologi Pendidikan FIP UNY, dan (2) mengetahui tingkat kelayakan produk yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah desain pengembangan yang dikembangkan oleh Allesi & Trollip. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas tiga prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) planning, (b) design, dan (c) development yang dilengkapi dengan komponen atribut mencakup standards, ongoing evaluation, dan project management. Atribut pengembangan berfungsi sebagai komponen kontrol yang selalu ada dalam setiap tahap pengembangan produk. Uji coba produk didesain terdiri dari uji alpha yang dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media, serta uji betha dilakukan melalui 2 tahap, yakni uji kelompok kecil kepada 6 mahasiswa dan uji kelompok besar pada 28 mahasiswa semester 6 prodi Teknologi Pendidikan FIP UNY. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket analisis kebutuhan, angket untuk ahli materi, angket untuk ahli media, angket respon mahasiswa, dan instrumen penilaian hasil belajar berupa tes dan lembar checklist. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk digital book interaktif yang berupa Compact Disk (CD) berserta buku petunjuk (manual) yang dapat digunakan sebagai sumber belajar mahasiswa yang terdiri dari komponen: (1) halaman sampul (cover), (2) halaman identitas buku, (3) kata pengantar, (4) daftar isi, (5) informasi sasaran pengguna dan mata kuliah, (6) sub cover pada masing-masing bab, (7) konten materi, (8) rangkuman, (9) latihan/tugas/evaluasi, (10) daftar pustaka, dan (11) identitas pengembang. Hasil skor penilaian kelayakan produk melalui uji alpha pada ahli materi sebesar 3,39 (sangat layak) dan pada ahli media sebesar 3,54 (sangat layak). Selanjutnya pada uji betha kelompok kecil diperoleh skor hasil penilaian sebesar 3,64 (sangat layak) dan pada kelompok besar sebesar 3,37 (sangat layak). Penilaian kelayakan produk digital book interaktif pada aspek pembelajaran didukung oleh perolehan rerata skor hasil belajar kognitif mahasiswa sebesar 80,7 dan hasil praktik unjuk kerja mahasiswa yang telah memenuhi capaian pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: digital book interaktif, multimedia pembelajaran interaktif, mahasiswa Teknologi Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:14
Last Modified: 09 May 2019 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38887

Actions (login required)

View Item View Item