Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Siswa SMA

Mukin, Maria Ursula Jawa (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maria-ulfa-jawa-mukin-14726251031.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kelayakan dan (2) keefektifan perangkat pembelajaran fisika berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan pemahaman konsep siswa SMA Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang meliputi: (1) studi pendahuluan, (2) perancangan, (3) pengembangan bentuk produk awal, (4) validasi produk oleh ahli (5) revisi validasi, (6) uji coba terbatas, (7) revisi hasil uji coba terbatas, (8) uji coba lapangan, dan (9) revisi produk akhir. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 20 peserta didik di kelas XI SMA N 1 Fatuleu Barat. Subjek uji coba lapangan pada kelas ekperimen terdiri dari 23 peserta didik kelas XI IPA 1 dan pada kelas kontrol terdiri dari 20 peserta didik kelas XI IPA 2 SMA N 1 Adonara Barat. Pengumpulan data menggunakan soal untuk mengukur pemahaman konsep, lembar observasi untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, bahan ajar, lembar kerja proyek, tes pemahaman konsep, lembar keterlaksanaan RPP, lembar keterampilan berpikir kreatif, dan lembar angket respon siswa menurut ahli dan praktisi layak digunakan dengan kategori “sangat baik”. Penerapan perangkat pembelajaran secara umum dapat terlaksana dengan baik dan sebagian besar peserta didik memberikan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran. Hasil uji Manova menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran fisika berbasis proyek dapat mempengaruhi peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan pemahaman konsep siswa dengan p 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5 %.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran fisika berbasis proyek, keterampilan berpikir kreatif, pemahaman konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:25
Last Modified: 09 May 2019 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38875

Actions (login required)

View Item View Item