Pengaruh Manajemen Pembelajaran Gambar Pespektif dengan Menggunakan Musik terhadap Prestasi dan Motivasi Siswa Kelas XII Program IPA di SMA N 4 Yogyakarta

Noormalitasari, Dhian (2011) Pengaruh Manajemen Pembelajaran Gambar Pespektif dengan Menggunakan Musik terhadap Prestasi dan Motivasi Siswa Kelas XII Program IPA di SMA N 4 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dhian-noormalitasari-07703254001.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh manajemen pembelajaran gambar perspektif dengan menggunakan bantuan musik terhadap prestasi dan motivasi siswa kelas XII program IPA. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Yogyakarta, terhadap siswa kelas XII semester 1 tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini berjumlah 129 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar gambar perspektif siswa dan soal kemampuan membuat gambar perspektif yang sudah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Koefisien reliabilitas masing-masing instrumen lebih dari 0,7. Sebelum data dianalisis dilakukan pengujian prasyarat analisis dengan metode Kolmogorov-Smirnov untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Data dianalisis dengan menggunakan analisis t-test paired dan independent t-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Ada perbedaan prestasi belajar gambar perspektif antara siswa yang menggunakan manajemen pembelajaran gambar perspektif menggunakan musik dan prestasi belajar gambar perspektif yang menggunakan manajemem pembelajaran gambar perspektif secara konvensional. (2) Ada perbedaan motivasi belajar gambar perspektif antara siswa yang menggunakan manajemen pembelajaran gambar perspektif menggunakan musik dan motivasi belajar gambar perspektif menggunakan manajemem pembelajaran gambar perspektif secara konvensional. (3) Ada perbedaan prestasi belajar gambar perspektif antara siswa yang menggunakan manajemen pembelajaran gambar perspektif menggunakan musik dan prestasi belajar gambar perspektif secara konvensional pada motivasi tinggi dan motivasi rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran, gambar pespektif, musik, prestasi, motivasi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2016 02:56
Last Modified: 29 Jan 2019 08:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38873

Actions (login required)

View Item View Item