Retno Ngestiyani, Retno Ngestiyani (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, ABSTRAK.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
ISI LAPORAN.pdf Download (650kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu, kegiatan tersebut tentu saja bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta PPL untuk mengaplikasikan teori-teori yang telah diperoleh selama kuliah dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tempat yang menjadi lokasi PPL ini adalah SMK Muhammadiyah 1 Wates yang beralamat di Jalan Gadingan, Wates, Kulon Progo. Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam PPL adalah praktikan diberi kesempatan untuk mengajar 12 pertemuan di kelas XI AP 2 dan XI AP 3 mengajarkan mata pelajaran administrasi sarana dan prasarana dimana mahasiswa akan berhadapan dengan siswa di dalam kelas. Dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran, kependidikan dan mampu berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan di sekolah. Dengan pengalaman tersebut mahasiswa mendapatkan bekal guna pengabdiannya di masyarakat kelak sebelum atau setelah menamatkan pendidikannya di perguruan tinggi. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh setiap mahasiswa dapat berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yang timbul. Beberapa hambatan tersebut antara lain: siswa yang sulit dikendalikan, siswa kurang kooperatif dalam mengikuti pelajaran, waktu PPL yang singkat. Akan tetapi, praktikan selalu berusaha untuk meminimalisir dan mengatasi hambatan yang terjadi, sehingga program PPL dapat terlaksana dengan baik. Setiap proses demi proses yang dilalui dalam PPL ini menjadi pembelajaran bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan keilmuan dan pengalaman di dunia kerja, khususnya pada bidang pendidikan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 02:21 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38868 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |