LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES Jl. Gadingan Wates, Kulon Progo, DIY. 55611 Telp.(0274)-773344

Fandi Faisyal Fachri, Fandi Faisyal Fachri (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES Jl. Gadingan Wates, Kulon Progo, DIY. 55611 Telp.(0274)-773344. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara langsung kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun praktis dalam dunia pendidikan, memperluas wawasan melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian dan tanggung jawab dalam mengambil keputusan. Kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribbadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial juga dikembangkan dalam kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Program PPL di SMK Muhammadiyah 1 Wates, dilaksanakan pada tanggal 1 Juli sampai dengan 16 September 2014. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam PPL meliputi antara lain kegiatan persiapan, kegiatan praktik mengajar, dan kegiatan praktik persekolahan. Kegiatan persiapan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilakukan pada saat KBM di kelas berlangsung dan pembuatan persiapan mengajar yaitu membuat satuan program diklat yang berfungsi sebagai acuan dalam pelaksanaan KBM di kelas agar berjalan lebih efektif dan efisien. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan setiap hari selasa sampai sabtu. Praktikan mengajar di kelas XII AP 1, XII AP 2, XII AP 3, XII AK 1, XII AK 2, XII PM, XII TKJ dengan mengambil 1 Standar Kompetensi, yaitu: Mengoperasikan PC dalam jaringan. Seluruh kegiatan PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya. Namun demikian, hambatan tersebut dapat teratasi berkat hubungan dengan guru pembimbing, pihak sekolah dan sarana prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMK Muhammadiyah 1 Wates ini dapat dipetik oleh mahasiswa berupa pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang teknik informatika yang diperoleh dibangku perkuliahan. Dari pengalaman ini, mahasiswa mempunyai saran agar kerja sama dan koordinasi antar pihak sekolah, universitas, dan mahasiswa dapat terus terjalin.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Aug 2016 02:15
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38866

Actions (login required)

View Item View Item