Setia Hadi, Aden and Yusman Wiyatmo, Yusman Wiyatmo (2016) PERBEDAAN MINAT DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF ANTARA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN PEMBELAJARAN FISIKA TANPA MEDIA PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
1_7-PDF_SKRIPSI FINAL.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar aspek kognitif antara sebelum dan sesudah pembelajaran fisika menggunakan media video pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta. (2) Mengetahui perbedaan minat belajar antara sebelum dan sesudah pembelajaran fisika menggunakan media video pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta. (3) Mengetahui perbedaan peningkatan minat dan hasil belajar aspek kognitif antara pembelajaran fisika menggunakan media video dengan pembelajaran fisika tanpa media pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta. (4) Mengetahui media yang baik untuk meningkatkan minat dan hasil belajar aspek kognitif pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling diperoleh kelas X PMIIA 7 belajar menggunakan media video dan kelas X PMIIA 8 belajar tanpa media. Desain penelitian ini adalah pretest-perlakuan-postest. Data penelitian diperoleh dari hasil pretest dan postest. Analisis data terdiri dari tiga tahap, yaitu mendeskripsikan data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis untuk mengetahui perbedaan peningkatan minat dan hasil belajar aspek kognitif peserta didik terhadap pelajaran fisika menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar aspek kognitif antara sebelum dan sesudah pembelajaran fisika menggunakan media video pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta. (2) Tidak terdapat perbedaan minat belajar antara sebelum dan sesudah pembelajaran fisika menggunakan media video pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta. (3) Terdapat perbedaan peningkatan minat dan hasil belajar aspek kognitif antara pembelajaran fisika menggunakan media video dengan pembelajaran fisika tanpa media pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta. (4) Penggunaan media video merupakan media yang baik dan dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar aspek kognitif pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta. viii
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat belajar, hasil belajar aspek kognitif, metode konvensional, media video. |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Admin Fisika FMIPA |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 02:49 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 00:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38865 |
Actions (login required)
View Item |