EFEK GREEN AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN

Rumpoko, Urza (2016) EFEK GREEN AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
UrzaAuroraDwiRumpoko_12808141062.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Green Awareness konsumen terhadap sebuah produk yang dipasarkan melalui pemasaran hijau (Green Marketing) sangat penting dalam menentukan keputusan pembelian produk ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) kepedulian konsumen terhadap lingkungan, 2) kesadaran produk ramah lingkungan, 3) harga, dan 4) Citra merek terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan pada generasi Y di Yogyakarta. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif, dimana instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Y di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 168 responden. Alat ukur terbukti valid dan reliabel untuk instrumen penelitian. Analisis regresi berganda digunakan untuk uji hipotesis penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan kepedulian konsumen terhadap lingkungan terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan, dibuktikan dengan nilai (β) 0,079 dan nilai signifikansi 0,110 > 0,05; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan faktor kesadaran produk ramah lingkungan terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan yang dibuktikan dengan nilai (β) sebesar 0,243 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan harga terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan yang dibuktikan dengan nilai (β) sebesar 0,174 dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05; (3) terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan Citra merek terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan yang dibuktikan dengan nilai (β) sebesar 0,086 dan nilai signifikansi 0,248 > 0,05; serta kepedulian konsumen terhadap lingkungan, kesadaran produk ramah lingkungan, harga dan Citra merek secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan pada generasi Y di Yogyakarta dengan level signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05), dan nilai Adjusted R squared dari variabel kepedulian konsumen terhadap lingkungan, kesadaran produk ramah lingkungan, harga dan Citra merek terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan pada generasi Y di Yogyakarta sebesar 0,144.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Green awareness, produk ramah lingkungan, keputusan pembelian, generasi y
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 08 Aug 2016 02:04
Last Modified: 30 Jan 2019 10:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38863

Actions (login required)

View Item View Item